Otomotif

Ini Efek Jika Mobil Anda Tidak Jalani Perawatan Spooring dan Balancing

TIDAK banyak costumer yang menyadari perlunya dilakukan perawatan spooring dan balancing pada mobil mereka.

Ini Efek Jika Mobil Anda Tidak Jalani Perawatan Spooring dan Balancing
TRIBUN JAMBI/ALDINO

TRIBUNJAMBI.COM - TIDAK banyak costumer yang menyadari perlunya dilakukan perawatan spooring dan balancing pada mobil mereka.

"Mereka merasa mobilnya tidak ada masalah untuk apa dilakukan perawatan. Padahal di sana kita bisa cek kondisi kaki kakinya, shocknya segala sesuatu yang berhubungan dengan roda dan kendalinya," kata Kepala Bengkel Nissan Jambi, Duano.

Umumnya costumer merasa tidak masalah pada kendaraannya. Apalagi dilihat secara fisik tidak ada apa-apa.

"Tapi Kita lihat settingannya, dia tidak ketemu, tidak pas. Biasanya ketika dibawa lari kencang baru kelihatan efeknya," sebut Duano.

Ia menyarankan hal sederhana yang dapat dilakukan untuk melihat apakah ada masalah atau tidak pada spooring dan balancing kendaraan Anda maka perlu dilakukan uji riding.

"Pada saat mobil berjalan, coba stir dilepas dalam kondisi lurus. Jika tiba tiba miring sendiri berarti ada masalah," ungkapnya.

Duano mengatakan tidak bisa dibayangkan jika masalah ini baru disadari saat kendaraan sedang melaju kencang dan diluar kendali sehingga terjadi kecelakaan.

"Jika dalam kecepatan diatas 80 km/jam kendaraan kita meleng beberapa detik, bisa dibayangkan apa yang terjadi. Mobil bisa keluar jalur dan tidak menutup kemungkinan terjadi kecelakaan," ungkapnya.

Oleh sebab itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ini perlu dilakukan perawatan rutin secara berkala.

"Seharusnya saat stir dilepas dalam posisi lurus dia tetap lurus. Kita Bisa test riding. Logikanya ketika kecepatan 40-60 km/jam jika stir kita lepas, dia akan tetap lurus dan tidak kiri kanan. Itu artinya dia stabil," kata Duano.

Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved