Penting Ternyata, Manfaat Beras Merah yang Jarang Diketahui

Masih ada 8 manfaat utama mengonsumsi beras merah!

kompas.com
Beras merah 

BANYAK orang yang beralih ke beras merah untuk dikonsumsi sehari-hari. Kebanyakan alasannya karena ingin menjaga berat badan tetap ideal. Namun, selain itu ternyata masih ada 8 manfaat utama mengonsumsi beras merah!

1. Bergizi
Beras merah merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman yang sama dengan nasi putih. Namun, beras merah lebih bergizi karena tidak memiliki beberapa lapisan gandum seperti beras putih.

2. Kaya serat
Karena dedak dan nutrisi dalam beras merah jauh dari berbagai pengolahan, mereka cenderung membuat nasih lebih kaya akan serat. Makanan yang mengandung serat tinggi dikenal ampuh melawan berbagai penyakit menular.

3. Kaya mineral
Beras merah adalah sumber mineral, seperti mangan, magnesium, dan selenium. Asupan mangan yang cukup dapat meningkatkan sistem saraf yang sehat. Hal ini juga membantu memproduksi kolestrol yang digunakan untuk memproduksi hormon seks.

4. Mengurangi berat badan
Semua kandungan di dalam beras merah membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Peneliti mengungkapkan, perempuan yang mengonsumsi biji-bijian dan makanan yang kaya serat, cenderung jarang menimbang berat badan.

5. Menurunkan kolestrol jahat
Minyak dedak padi yang berasal dari dedak beras coklat merupakan sumber dari senyawa khusus yang menurunkan tingkat kolestrol dalam tubuh. Studi menunjukkan, makan beras merah secara teratur dapat membantu menurunkan kolestrol jahat dan mempertahankan kolestrol baik.

6. Mencegah kanker payudara
Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang tinggi serat dan gandum utuh, membantu mencegah kanker payudara pada wanita. Beras merah mengandung keduanya, sehingga mengonsumsi rutin beras merah akan menjauhkan kanker payudara.

7. Membantu mencegah batu empedu
Beras merah juga mengandung serat tidak larut, yang dapat membantu mencegah batu empedu. Penelitian mengungkapkan bahwa serat larut mengurangi sekresi asam empedu, yang merupakan kontributor utama terjadinya batu empedu.

Itu dia 8 manfaat utama mengonsumsi beras merah. Apakah Anda akan beralih ke beras merah?(magforwomen.com)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved