Ukur Kemampuan Finansial saat Siapkan Biaya Libur

Jika sudah mengetahui biaya liburan, maka sebaiknya Anda mengukur kemampuan finansial

Ukur Kemampuan Finansial saat Siapkan Biaya Libur
paperkampung.com

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Jika sudah mengetahui biaya liburan, maka sebaiknya Anda mengukur kemampuan finansial dalam menyiapkan dana liburan dan target waktu liburan. Apalagi jika Anda juga memiliki tujuan keuangan lain yang juga tengah disiapkan pendanaannya.

Jadi, carilah destinasi liburan yang terjangkau dan bisa Anda siapkan dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama agar kenaikan biaya tidak terpaut jauh.

Sekadar contoh, biaya liburan yang diperlukan Rp 60 juta untuk pergi bertiga dalam waktu tiga tahun lagi. Jadi setiap bulan Anda harus menabung Rp 1,67 juta. Karena jangka waktu yang pendek ini, perencana keuangan menyarankan penempatan dana bisa ke tabungan berjangka atau bisa pula dengan berinvestasi pada emas. “Kenaikan harganya fluktuasi antara 5% hingga 10%,” imbuh Aidil Akbar, perencana keuangan Akbar Financial Check-Up (AFC).

Jika merasa lebih cocok dengan tabungan berjangka, maka Anda tidak dapat menarik dana tersebut hingga jatuh tempo. “Kalau terpaksa harus menarik dananya, dikenai penalti 1% dari saldo akhir,” jelas Ina Suwandi, Kepala Divisi Pengembangan Dana dan Jasa Bank Central Asia (BCA).

Syarat setoran minimal Tahapan Berjangka BCA adalah Rp 500.000 dan kelipatan Rp 50.000. Sedang Tabungan Mapan CIMB Niaga setoran minimal mulai dari Rp 100.000.

Nah, jangan sampai usai liburan seharusnya semangat bekerja kembali, tetapi Anda malah pusing, karena pengeluaran membengkak. “Tidak disiplin membelanjakan sesuai rencana dan tak sesuai prioritas dalam belanja, hingga malah utang,” jelas Eko Endarto, perencana keuangan dari Financia Consulting. Tentu Anda tak mau ini terjadi bukan?

Selamat menyusun rencana liburan.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved