Enam Bajak Laut Dibekuk

VIDEO: Kelompok Bajak Laut Sering Incar Kontainer Karet Milik Pengusaha Jambi Tertangkap

Direktorat Polisi Air (Dit Polair) Polda Jambi membekuk enam orang tersangka perompakan di atas Kapal TB Buana di wilayah perairan Jambi.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Eko Prasetyo

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Direktorat Polisi Air (Dit Polair) Polda Jambi membekuk enam orang tersangka perompakan di atas Kapal TB Buana di wilayah perairan Jambi. Mereka adalah M (40), EF (40), S (34), EF (60), R (40) dan Sy (40).

Kapolda Jambi, Brigjen Pol Musyafak mengatakan, petugas bertindak berdasarkan laporan Kristina Raja Gukguk yang melaporkan adanya pencurian isi kontainer bermuatan karet mentah.

Kontainer berisi karet mentah itu di atas Kapal TB Buana 1301 yang menarik BG Nusantara 2502 yang hendak berlayar ke Pelabuhan Singapura pada Minggu malam (6/3) lalu.

Kapolda juga mengatakan, para perompak ini merupakan orang-orang yang menjadi ketakutan para pengusaha Jambi dalam menjual hasil kebun mereka, yaitu karet mentah yang diantar menggunakan kapal.

"Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata para pelaku berada di wilayah Kuala Tungkal dan lima orang berhasil diamankan. Mereka ini yang mengangkut barang jarahannya," ujar Kapolda, Senin (21/3).

Lalu, penyidik melakukan pengembangan lagi. Pada Sabtu (19/3) petugas berhasil mengamankan satu orang yang merupakan penyedia fasilitas pembajakan yakni si M.

"Para pelaku ini beraksi menggunakan speedboat untuk melancarkan aksinya. Mereka ini sudah menunggu diperairan Kuala Tungkal. Ketika kapal tersebut lewat langsung dicegat dan mereka mengambil barang-barang dari kapal tersebut," katanya.

Ia melanjutkan, kerugian yang dialami pihak perusahaan sekitar Rp 300 juta.

"Karena muatan karet tersebut jika dimuat dalam mobil ada sekitar 2 mobil puso," tandasnya.

Penulis: ekoprasetyo
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved