Kuliner

GALERI FOTO: Kuahnya Gurih, Juga Segar

INDONESIA jadi gudang beragam menu lezat. Dan di setiap daerah memiliki menu khas, termasuk Sumatera Selatan.

GALERI FOTO: Kuahnya Gurih, Juga Segar
TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO

TRIBUNJAMBI.COM - INDONESIA jadi gudang beragam menu lezat. Dan di setiap daerah memiliki menu khas, termasuk Sumatera Selatan. Selain pempek, Palembang juga punya menu berkuah yang rasanya menggoda selera, tekwan namanya.

Sup khas Palembang ini dibuat dari ikan dan sagu, dibentuk bulatan kecil-kecil dan sajikan dengan kuah udang yang gurih dan begitu khas.

Sebagai pelengkap, banyak penyaji kuliner menambahkannya dengan bihun, irisan bengkoang, jamur kuping, duan bawang, serta taburan bawang goreng dan selederi.

Jika Anda kepingin mencoba sup khas Palembang ini, tak perlu datang jauh ke Palembang, sebab Anda bisa singgah ke Tekwan Budiman, di Jambi. Lokasinya berada di kawasan Jalan Orang Kayo Hitam, Talang Banjar, persis di samping lorong Budiman, depan Mal Lippo.

Di sana Anda bisa mencicipi tekwan buatan ibu Betty yang jadi primadona para pelanggannya. Tekwan di sini dibuat menggunakan ikan tengiri. “Tekwannya enak, tidak amis, dan kuahnya gurih, seger,” kata Diana, sembari menyeruput kuah tekwan buatan Bu Betty.

Sup khas Palembang ini dihidangkan hangat, dan pedas. Rasanya pas banget disantap saat musim penghujan seperti saat ini.

Biasanya, para pelanggan juga menambahkan model untuk campuran tekwan pesanannya. Model buatan Bu Betty berisi kuning telur, mirip dengan penyaji tekwan lainnya.

Tekwan dan model ini disajikan dengan porsi yang cukup banyak, Anda akan dibuat kenyang menyantap sepiring tekwan model di warung Tekwan Budiman.

Anda tidak hanya bisa menikmati tekwan, tapi juga bisa mencicipi pempek menu khas Palembang yang sudah terkenal enak. Anda bisa pilih pempek lenjer, selam, adaan atau pempek lenggang.

Tekwan Budian bukan hanya jadi tempat menikmati menu khas Palembang, tapi Anda juga bisa mencoba beberapa menu lainnya, seperti sop, soto atau nasi goreng.

Selain tekwan, soto buatan Bu Betty juga cukup digemari banyak pelangganya. Untuk tahu bagaimana gurih dan enaknya soto santan buatan Bu Betty, Anda bisa datang ke warung Tekwan Budiman.

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved