Kuliner

GALERI FOTO: Harumnya Buat tak Sabar Untuk Segera Menyeruput

SAJIAN enak tidak selalu Anda dapatkan di restoran mewah atau di hotel berbintang.

GALERI FOTO: Harumnya Buat tak Sabar Untuk Segera Menyeruput
TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO

TRIBUNJAMBI.COM - SAJIAN enak tidak selalu Anda dapatkan di restoran mewah atau di hotel berbintang. Sebab urusan rasa tidak mengenal tempat. Contohnya dawet hitam manis khas Purworejo buatan Mang Itong ini.

Minuman khas Jawa Tengah ini dijajakan di pinggir jalan Soemantri Brojonegoro.

Minuman dawet memang sudah umum dan hampir di semua pelosok daerah ada es dawet. Minuman tradisional Jawa ini punya banyak penikmat, rasa manis gula jawa bercampur dengan santan kelapa, sedikit asin, ditambah es batu, rasanya clesss...segarr.

Bagi yang belum pernah mencoba dawet hitam Purworejo, akan sedikit heran dengan warna dawet yang hitam, tapi itulah yang menjadi ciri khas dawet Purworejo. Di Jambi, minuman ini bisa Anda nikmati di tempat Mang Itong.

Saban harinya dia mangkal di depan Hotel Adipura, TAC, Sipin, mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore, kecuali hari Jumat memang Mang Itong tidak menggelar dagangannya.

Jika Anda penasaran dengan warna hitam dawet Purworejo ini, rahasianya adalah pewarna alami dari ubi kayu yang dibakar. “Ubi kayu itu dibakar, kan hitam, baru ditumbuk sampai halus, terus buat campuran dawet,” kata mang Itong.

Komposisi es dawet hitam tak jauh beda dengan es dawet kebanyakan, yang mungkin sering Anda nikmati. Dawet hitam ini dibuat dari sagu aren bercampur dengan tumbukan ubi bakar yang digunakan untuk pewarna.

Sedangkan untuk pemanisnya, Mang Itong menggunakan gula aren dan gula jawa. Tambahan santan kelapa menjadikan rasa dawet khas Purworejo ini kian lengkap.

Yang membuat menarik, Mang Itong menambahkan potongan buah nangka dan tape ubi. Aroma harum buah nangka membuat saya tak sabar untuk segera menyeruput es dawet hitam yang kelihatannya menggoda. Tambahan seperti ini barang kali tidak Anda temukan di penyaji dawet hitam lainnya.

Halaman
12
Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved