4 Kabupaten di Jambi Ini Terbanyak Ditemukan Kasus Gizi Buruk

Upaya pencegahan gizi buruk di Jambi diantaranya dengan memberikan makan makanan bergizi

4 Kabupaten di Jambi Ini Terbanyak Ditemukan Kasus Gizi Buruk
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Heri Prihartono

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Upaya pencegahan gizi buruk di Jambi diantaranya dengan memberikan makan makanan bergizi baik dan seimbang, sesuai dengan kebutuhan. Sering memeriksa kandungan selama kehamilan minimal 4 kali.

"Ibu hamil juga harus menambah suplemen gizi," kata Helfiyan Ketua Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) dalam seminar bersama AsDI (Asosiasi Dietisien Indonesia) di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Sabtu (13/2).

Mencegah gizi berlebih pada orang dewasa dapat dilakukan dengan memperbanyak aktivitas fisik, dan kurangi makanan mengandung gula dan berlemak.

Dan kasus gizi buruk di Jambi cenderung menurun pada 2013 103 kasus, 2014 yakni 101 kasus, dan pada 2015 menurun jadi 90 kasus. Dengan kasus terbanyak di Merangin, Batanghari, Kota Jambi dan Muara Jambi.

Gizi buruk disebabkan banyak faktor, satu diantaranya kemiskinan yang berdampak pada asupan makanan bergizi rendah.

Ciri-ciri anak gizi buruk tentunya sang anak terlihat kurus, bahkan terkadang kelihatan gemuk namun terdapat penumpukan cairan. Namun di Jambi biasanya disebabkan penyakit TBC, Diare, Jantung Bawaan, Cacingan dan lain-lain.

Mengatasinya sebenarnya cukup relatif dengan pemantauan rutin di puskesmas. Program pemerintah melalui Dinas Kesehatan Provinsi dengan memberikan makanan formula, alokasinya 15 ribu per hari untuk 90 hari yang diberikan kepada 30 anak.

Ia mengakui jika masalah faktor ekonomi menjadi masalah yang berperan dalam kasus ini. Selain itu faktor pengetahuan ibu yang masih rendah akan asupan gizi anak.

Pengetahuan akan asupan gizi ibu rumah tangga di tingkat daerah seperti pedesaan masih rendah sehingga bidan dan petugas di daerah kompetensinya juga ditingkatkan.

Penulis: heri prihartono
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved