Harga Sembako di Sungaipenuh Terjun Bebas

Di pasar Tanjung Bajure, pusat Kota Sungaipenuh harga cabe dengan berbagai jenis mengalami penurunan yang cukup tajam.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendri Dede Putra

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Di pasar Tanjung Bajure, pusat Kota Sungaipenuh harga cabe dengan berbagai jenis mengalami penurunan yang cukup tajam. Bahkan, hampir di semua tempat penjualan cabe, harganya turun hingga mencapai lebih 50 persen.

Kondisi itu membuat pedagang merugi karena nilai kenaikan dengan penurunan harga tidak sesuai. Riskaini, salah seorang pedagang Pasar Tanjung Bajure Kota Sungaipenuh, mengatakan banyaknya harga cabe disebabkan banyaknya pasangan cabe dari luar daerah.

"Banyak pedagang yang merugi dengan menurunya harga cabe sejak dua hari terakhir. Sebab, modal sebelumnya cukup tinggi, namun sejak kemarin harga cabe merah sudah mencapai Rp 30 rupiah perkilo, dari harga sebelumnya mencapai Rp 70 ribu rupiah," ungkap Riskaini.

Dikatakan, penertiban harga tidak hanya terjadi pada cabe merah saja. Namun, berbagai macam cabe mengalami penurunan harga. Seperti harga cabe tawit sebelumnya Rp 53 ribu perkilo, namun saat ini sudah mencapai Rp 30 ribu perkilo.

Hal serupa juga dialami Tuti, seorang pedagang sayuran yang mengeluhkan anjloknya harga cabai. Tuti mengatakan, dengan harga cabe saat ini seharga Rp 30 ribu per kilo, mengakibatkan dirinya merugi.

"Untuk harga sayuran memang semuanya turun, buncis saja yang sebelumnya Rp 14 ribu, sekarang hanya Rp 6 ribu," katanya.

Meskipun demikian, penurunan harga tidak berlaku bagi harga telur. Sebab, untuk telur saat ini justru mengalami kenaikan harga. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun pedagang mengaku tidak bisa berbuat apa-apa.

"Harga telur yang biasanya Rp 2 ribu perbutir, sekarang harganya Rp 2200 perkilo. Karena saya dapetnya dari luar daerah, sudah gitu ongkosnya masih tinggi," kata Yayan, seorang pedagang telur yang juga berjualan di pasar Sayati.

Sementara daging sapi untuk harga hingga saat ini masih tetap stabil. Andi penjual daging sapi mengatakan daging sapi saat ini di kisaran Rp 110 ribu sampai Rp 115 ribu per kilo, kondisi ini masih normal harganya sama drngan pasokan yang ada. (Hdp)

Penulis: hendri dede
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved