Datangkan Tim Medis dari Pusat, Dinkes Tunggu Persetujuan Bupati

Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Katamso menyebut bahwa pihaknya segera menyiapkan penunjang ‎evakuasi

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Awang Azhari

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL -‎ Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Katamso menyebut bahwa pihaknya segera menyiapkan penunjang ‎evakuasi seperti tempat, setidaknya sejauh ini sudah ada dua titik yang dipastikan bisa dipakai untuk lokasi evakuasi, seperti pola bawah dan pola atas kantor bupati.

Sebagai penunjang, Dinas Kesehatan Tanjab Barat akan memberi fasilitas yang dibutuhkan, di antaranya obat-obatan sampai menyediakan tabung oksigen dan pastinya tenaga medis

"Kita sudah dapat kabar terkait rencana penyimpan lokasi evakuasi, kalau untuk tempat tentu Pemkab yang menentukan, kami akan memenuhi fasilitas medis," ‎kata Kepala Dinas Kesehatan, Ahmad Putera, Minggu (25/10).

Sampai saat ini kondisi kabut asap masih cukup mengkhawatirkan, terakhir Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) masih di atas 300. Karena itu sangat logis jika kemudian disediakan lokasi evakuasi terutama bagi balita dan anak-anak.

Lebih jauh lagi jika memang dibutuhkan, Ahmad Putera menyebut bahwa pihaknya bisa saja mendatangkan tim medis serta fasilitas lain dari pusat, karena tawaran ini sudah datang dari Kementrian Kesehatan.

"Kita mendapat tawaran, jika memang dibutuhkan tim medis (dokter dan perawat) serta fasilitas kesehatan lain bisa didatangkan oleh pusat ke Tanjab Barat untuk menangani korban kabut asap ini," jelasnya.

Tawaran itu lanjut Kadinkes akan segera diberitahukan kepada Bupati Usman Ermulan, jika bupati menyetujui maka pihaknya segera melakukan koordinasi dengan Kementrian Kesehatan.

"Besok Senin  saya akan ngadap bupati untuk menyampaikan tawaran dari kementrian ini," tandas Putera.

Sampai Minggu kemarin, masyarakat terdampak kabut asap masih sangat tinggi, data yang ada di Dinas Kesehatan, setiap pekan warga yang terkena ISPA masih di atas seribu orang.

Penulis: awang
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved