Ledakan Bom

Tragis, Bom Meledak Ketika Salat Idul Adha

Ledakan tersebut terjadi di Masjid Balili

Tragis, Bom Meledak Ketika Salat Idul Adha
STR / AFP
ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, SANAA - Sebuah serangan bom yang menargetkan jamaah Syiah di sebuah masjid di ibu kota Yaman pada Kamis (24/9), menewaskan sedikitnya 25 orang dan melukai puluhan lainnya saat warga melakukan salat dalam perayaan Idul Adha, kata para petugas medis.

Ledakan tersebut terjadi di Masjid Balili tempat pemberontak Houthi Syiah yang menguasai Sanaa melakukan shalat, menurut para saksi.

Para saksi melaporkan bahwa setelah ledakan pertama di dalam masjid, seorang pembom bunuh diri meledakkan sabuk peledak di pintu masuk ketika para jamaah bergegas keluar.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu tetapi Sanaa telah diguncang serangkaian pemboman oleh kelompok teroris ISIS dalam beberapa bulan terakhir yang menarget warga Syiah.

Kelompok Muslim Sunni radikal tersebut menganggap Syiah sebagai aliran sesat dan juga telah mengklaim serangkaian pemboman masjid-masjid di Kuwait dan Arab Saudi.

Para pemberontak Houthi yang didukung Iran telah menguasai beberapa wilayah Yaman termasuk Sanaa yang mereka serbu pada tahun lalu.

Pasukan pro-pemerintah yang didukung oleh serangan udara pimpinan Arab Saudi baru-baru ini berhasil merebut kembali beberapa provinsi di wilayah selatan, termasuk kota kedua terbesar di Yaman, Aden.

Kelompok ISIS dan saingannya, Al-Qaida yang berafiliasi di Yaman, telah mengeksploitasi kekacauan untuk meningkatkan berbagai kegiatan mereka di negara miskin tersebut. (*)

Editor: suang
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved