Polda Sumut Pastikan Briptu Dian Hendak Merampok BRI

Motif dan skenario perampokan bank itu terungkap setelah penyidik Satreskrim Polresta Medan memeriksa Briptu Dian

Polda Sumut Pastikan Briptu Dian Hendak Merampok BRI
IST
Kerumunan warga mengamati kantor BRI Delitua yang baru saja disambangi dua rampok bersenjata, Rabu (15/9/2015). 

TRIBUNJAMBI.COM, MEDAN - Briptu Dian Chaidir, disingkat DC, anggota Polres Bireuen, dipastikan memang berniat merampok Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Kedaidurian, Jalan Brigjen Zein Hamid, Kecamatan Delitua, Deliserdang, Sumatera Utara, Selasa (15/9) sore. Kejahatan itu sudah dia rencanakan bersama pelaku lainnya sejak dari Bireuen.

Motif dan skenario perampokan bank itu terungkap setelah penyidik Satreskrim Polresta Medan memeriksa Briptu Dian bersama tiga saksi yang merupakan karyawan BRI Unit Kedaidurian, Deliserdang. Rencana perampokan ini disusun Dian bersama temannya, Sidik, di Bireuen.

Kemudian mereka berangkat ke Delitua dengan merental mobil untuk menjumpai dua orang lainnya, Basri dan Chandra.

“Oleh Basri dan Chandra disarankan merampok BRI. Kebetulan letaknya tak jauh dari mereka,” kata Kabid Humas Polda Sumatera Utara (Sumut), Kombes Helfi Assegaf, Rabu (16/9) petang.

Dian bersama Chandra dan Sidik kemudian menuju bank itu dengan mengendarai mobil. Sementara Basri mengikuti dengan sepeda motor. Selanjutnya Dian yang memakai topi masuk ke bank dengan membawa senjata api yang disembunyikan di dalam ransel.

“Di dalam bank dia beralasan mau mentransfer uang. Padahal jam sudah pukul 3 lewat. Sudah tidak bisa lagi,” lanjut Helfi.

Satpam bank yang curiga atas kehadiran Dian sempat menegurnya untuk membuka topi. Saat itulah pelaku mengeluarkan senpi laras panjang dan langsung mengokangnya.

Namun, sebelum menodong petugas bank, satpam langsung menahan senjata itu hingga posisi ujung senjata mengarah ke lantai. Setelah beberapa saat bergumul terdengar letusan yang mengenai Darwin Shah Berutu (50).

Helfi menambahkan, selepas penembakan itu pelaku langsung dikeroyok nasabah dan warga setempat. Sementara tiga rekannya kabur secara berpencar.

Hingga kini tim khusus hasil gabungan Polda Sumut, Polresta Medan, dan Polsek Delitua baru berhasil meringkus Sidik. Keberadaan Basri dan Chandra dipastikan Helfi tetap dicari karena keduanya terlibat langsung dalam kejahatan ini.

Halaman
12
Tags
Bank BRI
Editor: deddy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved