Jejak Soekarno dan Hatta di Jambi

Di Jambi, Soekarno Pimpin Rapat Raksasa

Menurutnya, di masa itu lapangan biasa dipakai lokasi upacara dan apel pasukan infanteri APRI.

Di Jambi, Soekarno Pimpin Rapat Raksasa
REPRO/TRIBUN JAMBI/ABDULLAH USMAN
REPRO Foto Presiden Soekarno saat berada di Jambi 11 April 1962. Arsip foto itu tersimpan di Perpustakaan Kota Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -Kendati karet dan minyak bumi dari Jambi kini terpuruk, sejarah mencatat keduanya pernah berperan penting bagi upaya diplomasi RI di meja PBB setelah memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Tak heran, kawasan Kenali dan Senaung di masa lalu pernah menjadi lokasi kunjungan para petinggi negeri, termasuk Presiden Soekarno dan Wapres Mohammad Hatta.

Kenali dan Senaung menjadi saksi bisu jejak kedatangan Duet Proklamator ke Jambi. Soekarno ke Kenali, dan Hatta ke Senaung meninjau kawasan transmigrasi. Setidaknya itulah yang terekam dalam arsip berupa foto kunjungan yang tersimpan di Badan Perpustakaan dan Arsip Kora Jambi.

Tak hanya di Kota Jambi, jejak Hatta juga terlacak di Bangko saat Jambi masih menjadi bagian Provinsi Sumatera Tengah.

Berdasar rekaman arsip, Presiden Soekarno mengawali rangkaian perjalanan ke Sumatera pada 1947. Namun jejaknya di Jambi baru terekam pada 11 April 1962 saat memimpin rapat raksasa di Lapangan Garuda Sipin, belakangan menjadi kompleks Korem 042/Garuda Putih.

Dalam rapat itu, Sang Putra Fajar mengajak warga Jambi membulatkan tekad mempertahankan kemerdekaan.

Apalagi dengan jumlah penduduk 96 juta, negeri ini lima besar negara dengan jumlah penduduk terbanyak. Berdasar arsip-arsip yang tersimpan rapi di Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Jambi, Presiden setibanya di Lapangan Terbang Pal Merah langsung disambut tarian adat Jambi. Soekarno terlihat memegang sirih dari penari gadis belia.

Pada hari sama, selepas rapat raksasa Presiden menerima penyerahan tongkat komanado Korem Gapu.

Selanjutnya, masih berdasarkan koleksi arsip sama, Presiden didampingi Muhammad Yamin, Menteri Penerangan saat itu, berkunjung ke kawasan Kenali, yang menghasilkan minyak bumi jenis avtur bahan bakar pesawat terbang.

Sedangkan jejak Wapres Mohammad Hatta terekam pada 14 April 1954, ke Jambi memberikan amanat saat rapat umum. Kemudian terdapat keterangan meninjau daerah transmigrasi di Senaung, pada 15 April 1954.

Halaman
12
Penulis: heri prihartono
Editor: deddy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved