Pendidikan

IndonesiaX Luncurkan ‘Kampus’ Online Gratis

Siapa bilang belajar di universitas ternama itu mahal. Kini dengan perkembangan teknologi informasi

IndonesiaX Luncurkan ‘Kampus’ Online Gratis
Shutterstocks

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Siapa bilang belajar di universitas ternama itu mahal. Kini dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih murah, bahkan gratis.

Seperti kegiatan belajar di situs www.indonesiax.co.id. IndonesiaX adalah nama situs milik PT Education Technology Indonesia (ETI). Situs yang diluncurkan bertepatan dengan HUT RI ke 70 ini (17/8) fokus pada pengembangan edukasi dan pelatihan melalui sistem online.

Mohammad Nuh, Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX, mengatakan situs IndonesiaX ini merupakan massive open online course (MOOC) yakni kursus terbuka bagi siapa saja yang berminat untuk mengikutinya melalui online.

“IndonesiaX adalah sebuah terobosan untuk mengatasi masalah keterbatasan sarana prasarana, yaitu gedung sekolah.

Dalam teori konvensional, bangunan sekolah harus ada secara fisik, tapi sejak kita mengenal virtual domain atau dunia maya, hal tersebut tidak menjadi kendala," kata mantan Menteri Pendidikan itu, Senin (17/8).

Dalam menghadirkan kursus terbuka ini, IndonesiaX bekerjasama dengan Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Selain menggandeng perguruan tinggi, IndonesiaX juga menggandeng institusi non-pendidikan di Indonesia untuk ikut berperan aktif memberikan kursus terbuka seperti PT Bursa Efek Indonesia, Rumah Perubahan, dan PT Net Mediatama Televisi.

Rencananya IndonesiaX akan mengundang lebih banyak mitra lainnya, baik dalam maupun luar negeri untuk ikut berkontribusi.

Lucyanna Pandjaitan, CEO dan Presiden Direktur IndonesiaX mengatakan, MOOC yang disediakan oleh IndonesiaX tak terbatas pada topik akademis, tapi juga berbagai topik keterampilan. “Siapa saja yang terhubung dengan internet dapat mengikuti MOOC tanpa harus mendaftarkan diri di universitas atau pendidikan formal lainnya,” ujarnya.

Dean Jay Mathew, COO dan Direktur IndonesiaX menambahkan, IndonesiaX merupakan cara belajar baru di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Yang artinya, siswa dapat mencari segala macam program studi atau keterampilan yang menarik di satu tempat.

“IndonesiaX bertujuan membantu universitas dan institusi pindah ke ruang digital dan mengembangkannya,” papar Dean.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved