Khazanah Islami

Jangan Bingung Bila Anda Telat Salat Ied

Bagaimana jika terlambat salat ied? Pendapat pertama mengatakan,

Jangan Bingung Bila Anda Telat Salat Ied
TRIBUNJAMBI/TEGUH
Suasana salat id di Lapas Klas IIA Jambi, Senin (28/7) 

TRIBUNJAMBI.COM - Apa jadinya bila Anda terlambat mengikuti Salat Ied? Sebelum pertanyaan itu dijawab ada baiknya, Anda mantapkan niat agar salat Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi bisa Anda ikuti sedari awal alias tidak telat.

Tribun merangkumkan jawaban pertanyaan itu dari beberapa tulisan.

Pertama tulisan seorang ustaz di Samarinda melalui akun Facebooknya, Aris D Ansah dan buku Minhajul Muslim tulisan Syaikh Abu Bakar Jabir Al Jazairi.

Bagaimana jika terlambat salat ied?

Pendapat pertama mengatakan, Anda tidak perlu menggantinya, utamnya bila Anda yang berpemahaman bahwa salat ied itu sunnah muakkadah.

Lalu kedua, harus mengqadhanya atau menggantinya. Anda harus menggantinya dengan salat 4 rakaat.

Mengutip Ustaz Aris D Ansah, rakaat ini bisa dipilih untuk apakah empat rakaat dengan satu salam atau empat rekaat dengan dua kali salam.

Dalilnya adalah riwayat dari Ibnu Mas'ud. Ia berkata: من فاته العيد مع الإمام فليصل أربعا "Barangsiapa yang tertinggal shalat Ied bersama Imam maka hendaknya dia shalat empat rakaat.”

Dalam Minhajul Muslim, Abu Bakar Jabir Al Jazairi memilih pendapat yang kedua, bahwa harus diganti dengan salat empat rakaat.

Pendapat ketiga, Anda bisa mengqadha’nya dengan dua rakaat. Dalilnya adalah dengan atsar dari Anas: أنه كان إذا لم يشهد العيد مع الإمام بالبصرة جمه أهله و مواليه ثم قام عبد الله بن أبي عتبة فصلى بهم ركعتين .

"Bahwasanya beliau (Anas) jika tidak ikut shalat Ied bersama Imam di Basrah, beliau mengumpulkan keluarga dan para pembantunya, kemudian Abdullah bin Abu Atabah berdiri memimpin shalat bersama mereka dua rakaat.”

Namun, mayoritas ulama mengatakan tidak perlu mengganti salat Ied karena salat tersebut harus dilakukan dengan cara-cara tertentu dan dalam keadaan tertentu. Semoga bermanfaat.

Penulis: deddy
Editor: deddy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved