Gelisah, Takut dan Susah Tidur? Gunakan Teknik Pernapasan 4-7-8 Ini

Sulit tidur, meski sudah mengantuk berat,bahkan sedikit gelisah dan tertekan. Ini merupakan persoalan yang kerap terjadi kepada setiap orang

Gelisah, Takut dan Susah Tidur? Gunakan Teknik Pernapasan 4-7-8 Ini
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Sulit tidur, meski sudah mengantuk berat,bahkan sedikit gelisah dan tertekan. Ini merupakan persoalan yang kerap terjadi kepada setiap orang, terutama yang memiliki beban pekerjaan berat dan membutuhkan pemikiran ekstra.

Bisa jadi karena terlalu letih karena memporsir tenaga, atau memiliki masalah yang berlarut-larut dan belum juga bisa diselesaikan.

Jika ini selalu terjadi, bisa berhaya bagi anda. Sebab tidur adalah salah satu obat mujarab dari kondisi tubuh yang kelelahan, tidur membantu pembentukan metabolisme tubuh bahkan memperbaiki sel-sel yang rusak. Bayangkan jika tak bisa didur, maka akan bahaya.

Namun tunggu dulu. Sejauh ini Dr. Andrew Waill dari Arizona mencoba membantu anda dan mencarikan solusi teknik pernapasan yang membuat anda tidur lebih cepat.

Dr. Andrew Waill seperti dilansir dari womansday.com, menciptakan teknik pernapasan unik untuk membuat kita bisa cepat terlelap.

Metode yang terinspirasi dari olahraga yoga ini diyakini sebagai cara yang mudah, cepat, dan bisa dilakukan di mana pun tanpa menggunakan alat apapun. Namanya teknik pernapasan 4-7-8: Berukut cara-caranya:

1. Posisikan lidah di langit-langit mulut tepat di atas gigi, dan pertahankan posisi tersebut.

2. Hembuskan napas melalui mulut sampai bisa mengeluarkan suara “wuuush”.
3. Tutup mulut, tarik napas secara perlahan sampai hitungan ke-4.
4. Tahan napas, tahan sampai hitungan ke-7.
5. Hembuskan napas melalui mulut dengan hitungan sampai ke-8 dalam satu kali hembusan.
6. Ulangi langkah ke 1-5 sampai tiga kali.

Lantas apa yang anda rasakan, tentunya perlu dicoba. Tetapi Andrew mengatakan:

1. Setiap tarikan napas harus dilakukan secara perlahan dan semua hembusan harus dilakukan sampai mengeluarkan suara, maka oksigen akan semakin banyak dan masuk ke sistem saraf parasimpatetik dan bisa memberikan rasa tenang.

2. Juga bisa menyeimbangkan kembali sistem saraf Anda. Tak ketinggalan, teknik ini juga membuat tubuh Anda kembali terhubung dengan pernapasan Anda dan membantu mengontrol pikiran Anda dari hal-hal yang mengganggu.

Anda mau mencoba oke mari sama-sama kita coba.

Editor: rahimin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved