Breaking News:

Tunggakan Listrik

Tagihan PLN Anda Melambung? Ini Tips Menghemat Daya Listrik

Farduansyah, Supervisior Administrasi PLN Rayon Telanaipura, Jambi memberikan beberapa tips cara menghemat

Penulis: Teguh Suprayitno | Editor: Fifi Suryani
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Farduansyah, Supervisior Administrasi PLN Rayon Telanaipura, Jambi memberikan beberapa tips cara menghemat pemakaian daya listrik agar tagihan listrik tidak membengkak diwaktu pembayaran.

Yang pertama, dia menyarankan para pelanggan untuk menggunakan bola lampu yang hemat listrik, dan melengkapi lampu TL dengan kondensor.

“Pakai lampu yang hemat energi, dan kalau malam, gunakan seperlunya saja,” katanya, Senin (4/5).

Selanjutnya, nyalakan TV bila benar-benar ingin menonton, bila tidak ditonton lebih baik dimatikan. Untuk penggunaan lemari es/freezer, disarankan untuk memilih yang hemat energi. Jangan memasukkan makanan atau minuman yang masih panas dalam kulkas. Atur suhu udaha dalam kulkas sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu rendah, sebab itu akan membutuhkan energi listrik yang besar. Begitu juga dengan penggunaan AC.

Untuk penggunaan mesin cuci, gunakanlah sesuai dengan kapasitasnya mesin itu sendiri, jangan menambah beban berlebihan pada mesin cuci. Dan bagi pelanggan yang menggunakan pemanas air listrik untuk mandi, jangan biarkan alat pemanas air menyala sepanjang hari. Baiknya dinyalakan sebelum digunakan, dan segera dimatikan usai pemakaian, atau bila tidak diperlukan.

Untuk pengguna pompa air, disarankan untuk menggunakan tangki penampung. Untuk menghemat daya listrik, sebaiknya gunakan pompa air sesuai degan kebutuhan. Begitu pula dengan setrika, sebaiknya, setrika dilengkapi dengan alat yang bisa menghidupkan dan mematikan aliran listrik secara otomatis. Untuk menghemat pemakaian listrik, atur panas setrika sesuai dengan kebutuhan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved