Breaking News:

Pramuka Jambi Gelar Pelatihan Penanggulangan TB

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, Kolonel (Purn)Sutrisno mengatakan, tubercolusis (TB) merupakan penyakit penyebab

TRIBUNJAMBI/DEDY NURDIN
Pelantikan di aula Kwarda Pramuka Jambi, Senin (16/3). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, Kolonel (Purn)Sutrisno mengatakan, tubercolusis (TB) merupakan penyakit penyebab kematian terbesar ke-lima di Indonesia. Karenanya Kwarda Jambi bekerjasama dengan kementrian kesehatan dan kwartir nasional gerakan pramuka melakukan pelatihan fasilitator (peer group) penanggulangan TB, yang dimulai 10-12 April 2015, Jumat kemarin.

Kolonel (Prn) Sutrisno mengatakan kegiatan pelatihan tersebut merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan peran gerakan pramuka dalam pemberdayaan anggota pramuka, keluarga dan juga masyarakat.

Dirinya juga mengatakan bahwa kegiatan pelatihan fasilitator penanggulangan TB adalah kegiatan lanjutan yang dilakukan kwartir nasional gerakan pramuka.

“Dengan harapan, gerakan pramuka dapat berperan aktif membantu sebagai penyuluh atau motivator penghubung dengan petugas kesehatan dan membantu dalam penyembuhan tubercolusis,” katanya di gedung Kwarda Pramuka Jambi, Jumat (10/4).

Untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut, lanjutnyapembina pramuka harus meningkatkan pengetahuan tentang pengendalian, penanggulangan TB, dan akan dikembangkan upaya penanggulangannya di tingkat cabang, ranting dan gudep-gudep.

Selain itu, kata ketua Kwarda Jambi ini, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi tentang TB. Terlebih penyembuhan tubercolusis juga membutuhkan waktu yang lama. Gerakan pramuka kata Sutrisno, memiliki potensi besar untuk turut memajukan pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya Jambi.

“Anggota pramuka hendaknya didaya gunakan sebagai agen perubahan dikalangan kaum muda,” katanya.

Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved