Khazanah Islami

Amalan Sederhana, Jagalah Selalu Wudhu

Kisah dari sahabat telah banyak menggambarkan betapa amal sederhana ternyata faedahnya luar biasa

Amalan Sederhana, Jagalah Selalu Wudhu
islamituindah.my
ilustrasi

TRIBUNJAMBI.COM - Kita tak pernah tau pada amal yang mana kita akan menjemput ajal. Karenanya bagi seorang muslim berbuat baik dan amal salih adalah bagaian dari hidupnya.

Kisah dari sahabat telah banyak menggambarkan betapa amal sederhana ternyata faedahnya luar biasa. Misalnya, selalu menjaga diri dalam kondisi berwudhu.

Mengutip situs rumaysho.com, Jumat (10/4) bahwa ada keutamaan jika seseorang terus menerus dalam keadaan suci atau berwudhu.

Keadaan seperti ini akan memudahkan kita untuk melakukan ibadah. Misalnya, ketika ingin membaca Al Qur’an dan memegang mushaf, maka bisa langsung membaca. Kala ingin laksanakan shalat sunnah, maka dengan mudah pula bisa melakukannya. Inilah yang didapat dari orang yang selalu menjaga wudhu.

Masih mengutip dari rumaysho.com. keutamaan orang yang selalu menjaga wudhu disebutkan dalam hadits tentang Bilal yang disebutkan bahwa suara sandal beliau sudah terdengar di surga.

Dari Abu Buraidah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam di pagi hari memanggil Bilal lalu berkata, “Wahai Bilal, kenapa engkau mendahuluiku masuk surga? Aku tidaklah masuk surga sama sekali melainkan aku mendengar suara sendalmu di hadapanku. Aku memasuki surga di malam hari dan aku dengar suara sendalmu di hadapanku.” Bilal menjawab, “Wahai Rasulullah, aku biasa tidak meninggalkan shalat dua raka’at sedikit pun. Setiap kali aku berhadats, aku lantas berwudhu dan aku membebani diriku dengan shalat dua raka’at setelah itu.”

Syaikh Abu Malik dalam Fiqhus Sunnah lin Nisaa’ menyatakan bahwa disunnahkan berwudhu setiap kali wudhu tersebut batal karena adanya hadats.
Imam Nawawi rahimahullah menyatakan, “Disunnahkan menjaga wudhu atau diri dalam keadaan suci. Termasuk juga kala tidur dalam keadaan suci.”

Itulah amal sederhana yang bisa kita praktikkan.

Penulis: deddy
Editor: deddy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved