Cerita Pendek Sherlock Holmes ke 57 Ditemukan

BARANGKALI tidak ada yang bisa menandingi popularitas Sherlock Holmes sebagai cerita detektif.

Cerita Pendek Sherlock Holmes ke 57 Ditemukan
TELEGRAPH
Buku Sherlock Holmes yang ditemukan 

TRIBUNJAMBI.COM - BARANGKALI tidak ada yang bisa menandingi popularitas Sherlock Holmes sebagai cerita detektif. Ada Hercule Poirot rekaan Agatha Christie. Ada juga Tintin besutan Herge. Namun Holmes, detektif Inggris bertopi deerstalke ciptaan Sir Athur Conan Doyle, tetap yang terdepan.

Sir Arthur menulis Sherlock Holmes pertama kali pada tahun 1887. Sejak itu, cerita demi cerita mengalir dan dipublikasikan dalam bentuk empat novel dan 56 cerita pendek. Ternyata, setelah 100 tahun, data yang telah lama menjadi kemakluman ini harus diubah. Bukan 56 cerita pendek, melainkan 57.

Cerita pendek ke 57 ini berjudul Sherlock Holmes: Discovering the Border Burghs and, by deduction, the Brig Bazaar. Termaktub di dalam The Book o' the Brig, kumpulan yang diterbitkan untuk kepentingan amal , yakni penggalangan dana pembangunan Jembatan Bannerfield di Selkirk, Skotlandia.

Buku ini sendiri dicetak terbatas. Tidak sampai 500 eksemplar. Diberikan sebagai semacam hadiah bagi para penyumbang.

Seorang pelukis warga Selkirk bernama Walter Elliot (80), menemukan cerita sepanjang dua halaman (kurang lebih 1.300 character) dan bertarikh 1904 ini, saat tanpa sengaja membuka buku-buku lama koleksi ayah dan kakeknya. Sebagai penggemar cerita-cerita Sherlock Holmes, Walter terkejut karena ia merasa tak pernah membaca cerita ini sebelumnya.

"Saya kemudian membawanya ke ahli sejarah dan perbukuan, dan mendapati bahwa ini merupakan cerita yang barangkali saja sudah tak pernah lagi dibaca orang selama 100 tahun. Ini penemuan yang saya kira penting," katanya pada Metro UK.

Walter bekerjasama dengan Museum Negara Skotlandia, akan memamerkan cerita pendek ini dalam satu pameran lukisan di Glasgow, akhir bulan ini, sebelum mengembalikannya ke Inggris.(ags)

Editor: nani
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved