Advertorial

PT Sari Aditya Loka 1 Kembali Raih Proper Hijau

Perkebunan kelapa sawit Astra Agro Lestari grup di Jambi menerima Proper Hijau 2014 dari Kementrian Lingkungan Hidup

PT Sari Aditya Loka 1 Kembali Raih Proper Hijau
Ist

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Perkebunan kelapa sawit Astra Agro Lestari grup di Jambi menerima Proper Hijau 2014 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Perkebunan tersebut adalah PT Sari Aditya Loka 1 yang berlokasi di Kabupaten Merangin.

Penghargaan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya Bakar, M.Sc  di kantor Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta. Anugerah Porper Hijau ini merupakan ke-6 kalinya yang diterima PT Sari Aditya Loka 1 secara berturut-turut.

Wakil Presiden Indonesia H Muhammad Jusuf Kalla yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, kini dunia sudah dipersatukan oleh isu lingkungan. “Dunia kini telah bersatu karena lingkungan, oleh karena itu perusahaan-perusahaan harus memerhatikan lingkungan. Peringkat emas dan hijau tentu ada insentif nama baik, dikenal orang dan masyarakat sebagai perusahaan baik,” katanya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya Bakar, M.Sc dalam laporannya kepada Wakil Presiden mengaku, terjadi peningkatan infrastruktur proper sebanyak 10 kali lipat dibandingkan periode 2011-2012. Yakni dari 187 perusahaan yang diawasi menjadi 1908 perusahaan.

"Dari 1.908 terdapat 9 perusahaan yang mendapat peringkat emas sedangkan 121 perusahaan mendapat peringkat hijau. Peringkat biru berjumlah 1.224, perusahaan peringkat merah berjumlah 516 perusahaan dan peringkat hitam berjumlah 21 perusahaan," kata Siti.

Secara umum, peringkat kinerja Proper dibedakan menjadi 5 warna. Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam, adapun kriteria ketaatan digunakan untuk pemeringkatan biru, merah dan hitam. Sedangkan, kriteria penilaian aspek lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance) adalah hijau dan emas.

Acara disaksikan sekitar 1.000 undangan yang terdiri duta besar negara sahabat, para Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi, perwakilan instansi pemerintah terkait serta perusahaan peringkat Biru, Hijau dan Emas.

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) merupakan salah satu program unggulan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini bertujuan mendorong perusahaan untuk taat terhadap peraturan lingkungan hidup dan mencapai keunggulan lingkungan.

Selain aspek kelestarian lingkungan, perusahaan juga dituntut untuk berpartisipasi aktif dalam mengelola lingkungan dan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Seperti dilakukan PT Sari Aditya Loka 1 yang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat sekitar. Terutama untuk komunitas adat tertinggal yang berada di sekitar perusahaan.

Berbagai upaya pemberdayaan Suku Anak Dalam yang dilakukan adalah program-program pendidikan dan kesehatan untuk membantu mereka mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang layak.(adv)

Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved