Sosok Sukses

Banting Setir dari Entrepreneur

Sempat berwirausaha namun kemudian kandas, Ubay Ihsandi (26) akhirnya pilih menjadi karyawan.

Banting Setir dari Entrepreneur
TRIBUNJAMBI/EKO PRASETYO
Sales Manager Garuda Indonesia Branch Office Jambi Ubay Ihsandi 

Sempat berwirausaha namun kemudian kandas, Ubay Ihsandi (26) akhirnya pilih menjadi karyawan. Tak ada yang salah memang. Toh, ia memilih tempat yang tepat untuk mengembangkan kariernya. Hasilnya, terbukti!

Cerita soal pengalamannya menjadi entrepreneur itu mengalir ia bagi kepada Tribun yang menyambanginya, Rabu (17/9). Persentuhannya dengan dunia usaha terjadi ketika ia masih menjadi mahasiswa di Universitas Brawijaya, Malang.

Kala itu, pria yang disapa Ubay ini mengikuti program Wirausaha Mahasiswa yang merupakan program Dikti. Dari sanalah pengalamannya berbisnis terbentuk. "Nah dari situ saya coba buat bisnis sendiri, tiga tahun menjalani bisnis di bidang fashion dengan membuka distro, namun bisnis itu tidak berjalan lama karena pengetahuan akan dunia bisnis kurang dalam," ungkap anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Itulah yang akhirnya membut Ubay banting setir. Akhirnya ia diterima bekerja di maskapai penerbangan BUMN, Garuda Indonesia. Ia kemudian mengikuti Managemen Training Garuda Indonesia di 2011. Sempat kewalahan karena harus memahami product knowledge lebih dalam namun ia berhasil melaluinya.

"Namanya saya suka bekerja di dunia bisnis, maka saya jalani dan angkatan saya waktu itu bisa dibilang angkatan muda dari perekrutan yang dibuka Garuda Indonesia,"terangnya.

Selang tujuh bulan berada di Managemen Training Garuda Indonesia di Jakarta, Ubay kemudian ditugaskan ke Pekanbaru dengan jabatan Sales Marketing Executive. Saat dipindahtugaskan ke Medan ia memegang jabatan yang sama.

Adanya perubahan manajemen kantor dari yang dahulunya berbentuk Branch Office menjadi Area di Medan, membuat posisi Ubay makin baik. Ia pun menjabat Corporate Sales Marketing and Business Sumatera selama 8 bulan sebelum ditugaskan ke Kota Jambi.

Kini ia adalah Sales Manager Garuda Indonesia Branch Office Jambi. Saat ditanya Tribun mengenai tantangan dan kendala yang dijalani selama bekerja, Ubay langsung menjawab dengan santai bahwa, pekerjaan yang dijalaninya dianggap sebagai tanggung jawab yang harus dikerjakan.

Dengan usianya yang masih muda ia masih terus belajar membangun leadership di tengah timnya yang sudah berpengalaman dan senior di bidangnya masing-masing.

Berbicara target kerja, Ubay menginginkan Garuda Indonesia Branch Office Jambi menjadi satu maskapai yang dipercaya dan nomor satu di Provinsi Jambi. Selain itu semakin besar persaingan di marketing dari beberapa maskapai yang beroperasi di Bandara Sultan Thaha Jambi membuat pria yang mulai mencintai fotografi ini semakin getol mempromosikan Garuda Indonesia. "Satu program Garuda Indonesia yang dikenal dengan nama GA + akan coba saya tekankan kepada masyarakat penggunanya,"tutupnya.(eko prasetyo)

Penulis: ekoprasetyo
Editor: deddy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved