Sosok Sukses

Sempat Menolak Saat Ditawari Kepala Cabang

Memiliki pengalaman dan prestasi gemilang membawa Setiawan dipromosikan Branch Operational Head (BOH) UT Cabang Jambi

Sempat Menolak Saat Ditawari Kepala Cabang
TRIBUNJAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Setiawan Branch Operational Head United Tractors Jambi 

Memiliki pengalaman dan prestasi gemilang saat menjadi salesman di PT United Tractors (UT) membawa Setiawan dipromosikan Branch Operational Head (BOH) UT Cabang Jambi. Siapa sangka, ternyata ia pernah menolak saat ditawari posisi untuk memimpin perusahaan distributor alat berat tersebut.

Jambi adalah tempat pertama bagi Setiawan menjadi Branch Operational Head di United Tractors. Itu dijalaninya sejak akhir 2013. Padahal, sebelum itu ia sudah ditawari oleh perusahaan untuk menjabat posisi tersebut.

Cerita itu mengalir dari mulut pria yang akrab disapa Seuseu tersebut, saat dibicangi Tribun, kemarin. "Sebagai salesman hampir tiap tahun dapat reward, dan tahun 2011 ditawari (jadi) kepala cabang, tapi saya minta pending dulu dengan alasan tertentu," kata alumnus Itenas, Bandung jurusan mesin itu.

Sekitar dua tahun berselang perusahan kembali menawarinya untuk kepala cabang di Jambi. Baru pada akhir 2013 ia mengawali karier pertama sebagai Branch Operational Head di UT Cabang Jambi.

Ia pertamakali mengawali karier di UT dari kantor pusat Jakarta dengan penempatan perdana di Tarakan, Kalimantan Timur pada 2005. Masa itu ia menjadi bisnis konsultan atau salesman. Sekitar delapan tahun lamanya, kemudian ia dipromosikan ke UT Cabang Samarinda dengan posisi yang sama selama dua tahun.

Selama 10 tahun sebagai salesman pria kelahiran Bandung 18 Februari 1980 ini dinilai perusahaan memiliki kinerja yang baik yang dilihat dari capaian target. Seuseu hampir setiap tahun mendapat reward nasional dari perusahaan.

Selama bekerja di UT menurutnya nuansa bekerja lebih nyaman yang didasari rasa kekeluargaan. Apalagi, bilangnya, UT termasuk perusahaan yang peduli terhdap kesejahteraan karyawan. "UT juga termasuk perusahaan yang men-develop karier karyawan di masa mendatang," ucapnya.

Sebagai kepala cabang ia menjalankan fungsi manajerial, lebih bagaimana cara mencapai target dengan menyusun strategi secara organisasi. Kata dia, disamping memiliki jiwa leadership, learning motivation, juga yang terpenting adalah serve atau jiwa melayani dengan menggerakkan organisasi untuk mencapai target perusahaan.

"Sistem di UT sudah berjalan baik, orang yang berkompeten, didukung pula dengan fasilitas yang lengkap. Dengan motivasi dan jiwa serve serta menggerakkan driving organization to action," ungkapnya.

Terkait pasar alat berat, menurutnya secara bisnis tahun ini bisa dibilang stagnan. Tapi ia optimistis penjualan alat berat di Jambi tetap bergairah. Dalam meningkatan penjualan UT saat ini memberikan program baru yakni GPS (guaranteed product support) yang mana setiap konsumen yang membeli unit atau alat berat di UT akan mendapatkan pelayanan OTIF, sparepart, mechanic solution dengan cepat sesuai dengan waktu yang disepakati. (hendri dede putra)

Penulis: hendri dede
Editor: deddy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved