Sosok Sukses

Menggawangi Penjualan Hino

Berkarier di dunia otomotif memang jadi pilihan Nuzul Ikhsan setamat kuliah

Menggawangi Penjualan Hino
TRIBUNJAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Nuzul Ikhsan 

Berkarier di dunia otomotif memang jadi pilihan Nuzul Ikhsan setamat kuliah di Universitas Andalas pada 1995. Walhasil, berbagai posisi perusahaan otomotif ia lakoni dari bawah.

Bila dulu Ikhsan seorang sales, saat ini ia merupakan Operational Manager diler Hino PT Jaya Indah Motor (JIM) Jambi. Saat dibincangi Tribun Rabu (30/4) ia mengatakan pekerjaan harus dijalani segenap jiwa. Sekalipun, sambungnya, harus mulai dari jenjang paling bawah, karena semuanya memerlukan proses.

"Dalam pekerjaan itu perlu perjuangan, semua ada prosesnya, yang penting bisa menjiwai pekerjaan," tuturnya kemarin.

Perjalanan karier Ikhsan diawali sebagai salesman di Kerinci Permata Motors pada 1996-1998. Beberapa tahun berselang ia bergabung di Hino Cabang Jambi pada tahun 2000 juga di bagian penjualan. Kariernya terus melaju menjadi supervisor dan sales head. Hingga pada 2011 dirinya diminta perusahaan sebagai Operational Manager Hino PT JIM membawahi Hino wilayah Sarolangun, Bungo, dan kantor pusat Jambi.

Tugas utama Ikhsan adalah mengontrol penjualan terutama capaian market share serta kontrol operasional kantor. Selain itu termasuk mengurusi ketersediaan onderdil dan servis. "Harus menjaga market share supaya lebih bagus, nantinya capaian dilaporkan ke manajemen," katanya.

Dia mengatakan tahun ini Hino Jambi menargetkan penjualan Hino kategori 2 sebanyak 460 unit dan kategori 3 (mobil besar) 200 unit. "Bulan April ini sudah mulai terjadi peningkaan dari sebelumnya, harapan kita bisa berlanjut," ucapnya.

Strategi yang terus diterapkannya seperti kejar bola selain memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. "Kita memberikan promo, gathering dengan konsumen maupun calon konsumen," katanya.

Omong-omong soal prestasi, ternyata selama perjalanan kariernya menjadi operational manager cukup banyak penghargaan yang diterima perusahaan, baik tingkat regional Sumatera maupun nasional. Pada 2014 ini saja Hino PT JIM telah memperoleh dua penghargaan, yakni The Best 3rd Dealer for Performance Martketing and Dealer Development periode 2013. Lainnya, sebagai tuan rumah Hino Night 2014 PT Hino Motors Sales Indonesia, oada Maret lalu. (hendri dede putra)

Penulis: hendri dede
Editor: deddy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved