Pileg 2014

Demokrat Berjaya di Bungo, Raih Enam Kursi DPRD

TRIBUNJAMBI.COM - Sepuluh tahun terakhir, Partai Amanat Nasional (PAN) mendominasi di Kabupaten Bungo

Penulis: muhlisin | Editor: Rahimin
Demokrat Berjaya di Bungo, Raih Enam Kursi DPRD
TRIBUNJAMBI/DOK
Sudirman Zaini mengacungkan tangannya setelah terpilih sebagai Ketua DPC Demokrat Bungo beberapa waktu lalu

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Sepuluh tahun terakhir, Partai Amanat Nasional (PAN) mendominasi di Bungo. Sudah dua periode pula DPRD Bungo dipimpin oleh politis PAN. Mulai Dedi Putra, berlanjut kemudian dengan Mahilli.

 Kini semua berubah drastis. Terpuruk di pusat, bukan berarti sama di daerah. Di DPR RI perolehan suara Partai Demokrat (PD) diprediksi anjlok jauh. Namun di Bungo, Sudirman Zaini sukses membawa PD jadi pemenang pemilu. Hasil rekapitulasi PPK dari 17 kecamatan membuktikan itu. Total suara sah PD untuk DPRD Kabupaten Bungo 30.479. Yakni 7.289 di Dapil I, 6.978 Dapil II, 5.955 di Dapil III, dan meledak jadi 10.257 di Dapil IV.

 Jumlah yang cukup fantastis ini seiring pula dengan perolehan kursi. Jika sebelumnya kursi PD hanya tiga, kini naik 100 persen. Enam kursi. Jika berhitung dengan kemungkinan BPP, PD akan bisa dapat masing-masing dua kursi di Dapil I dan IV. Serta masing-masing satu kursi di Dapil II dan III.

 Menempati posisi kedua perolehan suara, berdasar rekapitulasi 17 PPK, adalah Partai Golkar. Si beringin rindang meraup total 22.223 suara sah. Yakni 3.921 di Dapil I, 7.874 di Dapil II, 3.635 di Dapil III, serta 6.793 di Dapil IV. Prediksi perolehan jumlah kursi Golkar satu digit di bawah PD, lima kursi. Dua kursi di Dapil II, dan masing-masing satu kursi di tiga dapil lainnya. Hanya saja untuk Dapil IV Golkar terbeli kursi `mahal'.

 Partai dengan sosok sentral Prabowo Subianto, Partai Gerindra, juga unjuk taring. Untuk pertama kalinya Gerindra mampu mencapai empat kursi di DPRD Bungo. Total perolehan suaranya sebanyak 17.202.

 Begitu juga dengan Partai Hanura, empat kursi, dengan 15.885 suara sah. Hanya saja keberhasilan kedua parpol terakhir ini mungkin sedikit `asem'. Pasalnya, perolahan suara masing-masing ketua DPC, Surip Haryanto di Gerindra, dan Andriansyah di Hanura, tidak cukup untuk mengantar mereka kembali ke panggung DPRD Bungo.

 Menariknya lagi, sejarinya perolehan suara PAN dan PDIP sedikit di atas Hanura. PAN dapat meraup suara 16.876, sementara PDIP 16.692. Hanya saja keduanya hanya mungkin hanya mendapat masing-masing tiga kursi. 

 "Bicara hasil akhir, kami hanya berpijak pada pleno yang akan digelar (Senin) tanggal 21 April nanti. Saya belum bisa membenarkan ataupun membantah apa yang sudah berkembang," ujar Ketua KPU Bungo, Dailami, beberapa waktu lalu.

 Sementara Ketua DPC PD, Sudirman Zaini, yang dikonfirmasi terpisah, juga belum mau bicara jauh terkait berbagai kemungkinan di PD. Termasuk siapa yang akan ditunjuk jadi Ketua DPRD. Sudirman hanya mengatakan bersyukur karena perolehan kursi naik 100 persen. 

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved