Breaking News:

Tanggal Unik

12-12-12, Pasangan Menikah di Kota Jambi Sedikit

TRIBUNJAMBI.COM - Pada 12-12-2012 ini, sepertinya niat kaum muda atau pasangan baru yang akan melangsungkan akad nikah

12-12-12, Pasangan Menikah di Kota Jambi Sedikit
Tribun Jakarta/Pool Dokumentasi)
Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, Zumi Zola akhirnya secara resmi mempersunting Sherrin Tharia usai menjalani akad nikah di gedung Puri Ratna, Hotel Sahid Jaya Jakarta Pusat, yang dilangsungkan secara tertutup Jumat (16/03/2012).
Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muzakkir

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pada 12-12-2012 ini, sepertinya niat kaum muda atau pasangan baru yang akan melangsungkan akad nikah atau resepsi pernikahan agak sedikit berkurang dari tahun sebelumnya. 

 Seperti halnya yang diungkapkan penghulu Kantor Urusan Agama Kecamatan Kotabaru Jambi, Muhammad Jabir. Ia mengatakan bahwa pada tahun ini, pasangan muda tidak begitu banyak melangsungkan akad nikah.

 "Tahun kemarin yaitu tepat tanggal 11 bulan 11 tahun 2011 ada 64 pasangan muda yang melangsungkan akad nikah. Tapi pada tahun ini hanya 10 orang pasangan," kata Jabir. 

 Pada tahun sebelumnya, kata Jabir, itu adalah memang hari baik bagi umat Islam, yang mana sewaktu itu, juga berketepatan pada hari Jumat dan bulan Haji. Tapi pada tahun ini yaitu tepat dengan bulan Muharram.

 "Di sini kebanyakan orang Jawa, jadi kalau menurut tradisi mereka, pada bulan Muharram ini, jarang sekali pasangan muda yang melangsungkan akad nikah," kata Jabir. 

 Hal yang sama juga dikatakan KUA Kecamatan pasar dan Telanaipura yang menyatakan bahwa pada tahun ini memang ada perbedaan dengan niat pasangan muda untuk melangsungkan akad Nikah.

 Menurut data yang diterima di KUA Pasar, pada tanggal 12-12-2012 ini, tidak ada dilangsungkan akad nikah. Namun pada KUA Telanaipura, terdapat 4 pasangan muda yang akan melangsungkan akad nikahnya.

 "Tahun kemarin, kita mencatat ada sekitar 35 pasang yang melangsungkan akad nikah. Tapi tahun ini, banyak sekali perubahannya. Mungkin dulu karena bulan Haji dan sekarang bulan Muharram," ungkap Juwaini kepala KUA Telanaipura.




Penulis: muzakkir
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved