Breaking News:

Cek Endra Dilantik Jadi Bupati Sarolangun

SAROLANGUN, TRIBUN - Cek Endra kembali melanjutkan masa kepemimpinannya untuk lima tahun ke depan bersama pasangannya Pahrul Rozi.


Laporan wartawan Tribun Jambi, Jariyanto
SAROLANGUN, TRIBUN - Cek Endra kembali melanjutkan masa kepemimpinannya untuk lima tahun ke depan bersama pasangannya Pahrul Rozi. Hari ini, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) mengambil sumpah keduanya sebagai bupati dan wakil Bupati Sarolangun 2011-2016.

    Periode lalu, Cek Endra meneruskan memimpin Sepucuk Adat Serumpun Pseko setelah Hasan Basri Agus (HBA) terpilih menjadi Gubernur Jambi. Prosesi pelantikan akan dilaksanakan di Gedung DPRD Sarolangun hari ini.

    Mengenai teknis pelaksanaan pelantikan, Sekretaris DPRD Arif Arizal yang dikonfirmasi mengatakan, sudah menyebarkan undangan sebanyak 3000 undangan. "Pelantikan akan dilaksanakan besok (hari ini), pukul 09.00. Untuk jumlah undangan, ada 3000 undangan yang disebar," ujarnya kepada Tribun, via telepon, Sabtu (30/7).

    Arif menjelaskan, dari tingkatan pejabat, tamu yang diundang adalah bupati/walikota Se-Provinsi Jambi serta para bupati di kabupaten tetangga. "Adapun bupati tetangga, untuk arah Sumatera Barat, yang diundang seperti Darmasraya sampai ke Solok. Sementara untuk arah Sumatera Selatan, antara lain bupati Musi Rawas, Lubuklinggau, Empat Lawang, sampai ke Bengkulu," ungkapnya.

    Secara teknis, lanjutnya, persiapan sudah berjalan dan sudah ada rapat koordinasi panitia. Menurut Arif, yang menjadi ketua panitia adalan Sekda Sarolangun M Basyari. Di dalamnya terdiri atas DPRD dan juga kepolisian sebagai pengamanan.

    Arif mengungkapkan, selain pejabat tinggi se Provinsi Jambi dan juga kabupaten tetangga, akan ada menteri yang hadir, yaitu Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan. "Beliau memang diundang dalam pelantikan besok. Kebetulan, ada acara yang menyangkut koperasi, sehingga menteri bisa hadir," katanya.

    Sekadar mengingatkan, pada Pemilukada Cek Endra dan Pahrul Rozi berhasil meraih suara 50 persen lebih, mengungguli tiga pasangan lainnya. CE-Pahrul yang mendapatkan nomor urut 1, mengalahkan pasangan nomor urut 3 As'ad Isma-Maryadi Syarif yang mendapatkan perolehan suara 35 persen.

    Dua pasangan lainnya, pasangan nomor urut 4, Nasri Umar-Salahudin dan pasangan nomor urut 2, Evi Suhirman, mendapatkan perolehan suara di bawah 10 persen.

    As'ad Isma yang tidak puas dengan hasil Pemilukada kemudian melayangkan gugatan ke MK (Mahkamah Konstitusi). Namun, gugatan tersebut ditolak. Dengan demikian, pasangan CE-Pahrul dinyatakan sebagai pemenang sehingga berhak memimpin Kabupaten Sarolangun, lima tahun ke depan.

Penulis: jariyanto
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved