Pastikan Daging di Pasar Keramat Tinggi Aman, Dinas Peternakan Batanghari Pasang Sepanduk Halal

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari, memasang spanduk di toko-toko penjual daging yang aman di kosumsi konsumen.

Pastikan Daging di Pasar Keramat Tinggi Aman, Dinas Peternakan Batanghari Pasang Sepanduk Halal
tribunjambi/darwin
Pedagang daging di Kuala Tungkal 

Pastikan Daging di Pasar Keramat Tinggi Aman, Dinas Peternakan Batanghari Pasang Sepanduk Halal di Setiap Lapak

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari, memasang spanduk di toko-toko penjual daging yang aman di kosumsi konsumen.

Spanduk yang terpasang itu menyatakan daging yang dijual di toko-toko daging tersebut ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

Irwan Kepala Disbunnak Kabupaten Batanghari mengatakan, hal itu merupakan gebrakan untuk melindungi masyarakat di Kabupaten Batanghari dari kosumsi daging haram atau tidak jelas asal usulnya pada Ramadan tahun ini.

"Sementara ini sudah empat toko daging yang telah kita pasang spanduk yang berada di Pasar Keramat Tinggi Muarabulian," ujarnya, Jumat (17/5).

Diterangkan Irwan, toko-toko daging yang telah dipasang spanduk mareka telah bekerjasama dengan Disbunnak Batanghari.

Adapun bentuk kerjasama dengan memotong hewan yang dijual belikan di Rumah Potong Hewan (RPH) milik Pemerintah Batanghari.

Baca: Bantuan Korban Kebakaran di Tanjab Timur Terus Mengalir, Bupati Romi Sampaikan Terima Kasih

Baca: VIDEO: Transmart Hadir di Kota Jambi, Rasakan Pengalaman Berbeda dalam Berbelanja

Baca: Rp 2,2 Miliar Dana Zakat Akan Dibagikan Pada 19.000 Mustahik Sarolangun, Berikut Besaran Penerimanya

Baca: Ulama Palestina Akan Imami Salat Tarawih di Geragai saat Safari Ramadan Gubernur Jambi

Baca: Dinas Ketenagakerjaan Merangin Bentuk Posko THR, Layani Pengaduan Karyawan yang Tak Dapat THR

"Ini juga untuk milindungi pedagang maupun konsumen. Contohya, untuk pedagang bisa dilindungi apabila ada kejadian tidak diinginkan, tentunya dengan mudah bisa ditelusuri. Dan untuk konsumen bisa terlindungi dari kosumsi daging yang tidak halal," ujarnya.

Irwan memastikan, hewan yang dipotong di RPH milik Pemkab Batanghari telah layak di kosumsi konsumen. Sebab, kata dia, hewan yang dipotong telah awasi secara ketat terlebih dahulu oleh dokter hewan. Dan tujuannya juga untuk memberikan kemananan.

"Pemotongan di RPH juga dijamin halal karena RPH Kita ini telah bekerjasama dengan MUI. Dan daging yang keluar dari RPH akan dicap. Selain itu, pemotongan di RPH bisa mengawasi pemotongan hewan masih produktif seperti yang dilarang pemerintah," ungkapnya.

Dia menghimbau, masyarakat yang memliki hewan atau pedagang daging yang ada di Kabupaten Batanghari memamfaatkan RPH Pemkab Batanghari yang merupakan sarana prasarana pemotongan hewan milik Pemkab Batanghari.

"Kita sangat berharap masyarakat memiliki hewan maupun toko-toko penjual daging yang belum memotong di RPH untuk dapat memotong di RPH. Untuk biaya pemotongan di RPH masih cukup terjangkau, satu ekor pemotongan hewan biaya hanya Rp 30 ribu," jelasnya.

Sejauh ini, diakuinya, selama memasuki Ramadan ini, telah terjadi peningkatan pemotongan hewan di RPH Pemkab Batanghari. Bila dibandingkan hari biasa, peningkat yang terjadi cukup segnifikan terjadi, peningkatanya berkisaran 100-200 persen.

"Pada hari biasa sebelum memasuki bulan puasa, yang potong hewan di RPH dalam satu pekan hanya 2-3 ekor hewan saja. Namun, untuk bulan puasa tahun ini, ada peningkatan karena satu harinya saja bisa 2-3 ekor hewan yang dipotong di sana," tutunya.

Baca: Berikut Daftar Besaran Zakat Fitrah di Kabupaten Kota Provinsi Jambi, Kabupaten Merangin Tertinggi

Baca: Kantor Kejaksaan Negeri Merangin Diresmikan, Wabub Amir Sakib Doakan Ada Pembaharuan Hasil Kerja

Baca: Reaksi Cepat Pemkot Sungai Penuh Jambi Bantu Korban Kebakaran di Kumum Mudik

Baca: Harga Kolang kaling dan Cincau di Pasar Jambi Naik Dramatis di Bulan Puasa, Seiris Tipis Rp 3.000

Baca: Baznas Sarolangun Jambi Akan Salurkan Zakat Pada 19.000 Mustahik

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved