Seminar Media Digital untuk Indonesia Lebih Baik, Diskominfo Jambi Serukan Tangkal Hoax

Pemkot Jambi buka seminar literasi digital untuk bentuk karakter generasi muda untuk bisa berpikir cerdas pintar dalam menggunakan media sosial.

Seminar Media Digital untuk Indonesia Lebih Baik, Diskominfo Jambi Serukan Tangkal Hoax
Tribunjambi/Rohmayana
Wakil Walikota Jambi Maulana membuka secara resmi kegiatan seminar nasiaonal dan pameran literasi digital dalam rangka HUT pemerintah Kota Jambi ke-73 tahun 2019, di Aula Grya Mayang. Kamis (16/5). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Wakil Wali Kota Jambi, Maulana membuka secara resmi kegiatan seminar nasional dan pameran literasi digital dalam rangka HUT Pemerintah Kota Jambi ke-73 tahun 2019, di Aula Grya Mayang, Kamis (16/5).

Seminar nasional ini diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Jambi dengan menghadirkan narasumber Kepala Diskominfo Kota Jambi Nirwan, Kepala Diskominfo Provinsi Jambi Nurachmat Herlambang, dari Kementerian Diskominfo RI, Slamet Santoso.

Dalam sambutannya Maulana menyampaikan bahwa saat ini kita berada di era revolusi 4.0, era globalisasi dalam dunia modern yang penuh dengan kompetisi dan perkembangan teknologi informasi.

"Generasi baru terus dipersiapkan untuk melanjutkan generasi saat ini dan akan datang tatanan dunia yang lebih baik lagi," ujarnya.

Disampaikan Maulana bahwa beda generasi tentu beda dalam sikap, wawasan dan gaya hidup. Generasi baru saat ini telah menggunakan dan mengelola jasa bidang kesehatan, pemerintahan, dan kesejahteraan sosial, ekonomi, perdagangan dan transportasi.

Baca: Besaran Zakat Fitrah di Merangin Naik, Ini Hasil Keputusan Kemenag Merangin

Baca: Safari Ramadan ke Sungai Penuh, Pemprov Jambi Sumbang Rp 120 Juta untuk Bangun Masjid

Baca: Banyak Truk Batubara Beroperasi Siang Hari, Dishub Sarolangun Ancam Tilang Sopir

Baca: 197 CASN di Kerinci Terima SK Pengangkatan, Bupati Kerinci Minta Disiplin Kerja Seperti TNI Polri

Baca: Safari Ramadan ke Jambi, Pangdam II Sriwijaya Resmikan Media Center dan C4ISR di Makorem 042 Gapu

"Kebiasaan membaca yang dulu lebih fokus membaca buku, tetapi dengan media teknologi informasi saat ini orang lebih suka membaca literasi digital yang tersambung di perangkan HP masing-masing," terangnya.

Saat ini kita dihadapkan pada satu generasi yang jauh lebih canggih yang disebut generasi millenial dan generasi Z.

Menurut Maulana bahwa seminar literasi digital tersebut positif bagi pembentukan karakter generasi muda untuk bisa berpikir cerdas pintar dalam menggunakan media sosial. Jika dioptimalkan peranan positifnya informasi ini dalam rangka meningkatkan kemampuan teknologi, potensi daerah Jambi, budaya, wisata, UMKM.

"Di kota Jambi sudah ada relawan yang akan bergerak ke masyarakat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan usaha begitu juga kami pemerintah Kota Jambi memiliki banyak aplikasi. Kalau ada bencana ke mana menghubungi dan saya pemerintah terima kasih kepada para sponsor yang membantu kita semua termasuk memberikan program Pemerintah Kota Jambi memberikan wifi gratis," ujarnya.

Maulana berharap dengan adanya agar seminar nasiaonal pameran literasi ini dapat memberikan tambahan informasi bagi semua peserta.

"Mudah-mudahan seminar dan pameran literasi digital kali ini dapat memberikan tambahan informasi dan pembelajaran yang bermanfaat, terima kasih kepada Kementerian Informasi dan Komunikasi RI yang memfasilitasi dan mendukung kegiatan ini," harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Nurachmat Herlambang menyampaikan bahwa untuk masa depan maka kita tidak ikut-ikutan menyebarkan berita hoax, agar masyarakat tidak terdampak situs-situs yang tidak baik.

"Menangkal hoax dengan membangun sikap mental tabayun, kita bisa menjaga diri dari informasi yang kita dapatkan," pungkasnya.

Baca: Buat Resah, Ketua DPRD Kota Sungai Penuh Serukan Masyarakat Tolak Isu People Power

Baca: Banyak yang Buka Siang Hari Saat Ramadan, Satpol PP Sarolangun dan TNI Sidak Rumah Makan

Baca: Sindiran Keras Mafud MD ke Prabowo, Tak percaya KPU dan MK: Jangan Kira MK Itu Main-Main, Buktikan!

Baca: Real Count KPU, Jokowi Vs Prabowo Kamis (16/5/2019) Pukul 12.00 WIB Data Masuk Sudah 84,52%.

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved