Inflasi

Ini Faktor Kota Muara Bungo Alami Inflasi 0,45 Persen Pada April 2019

Ini Faktor Kota Muara Bungo Alami Inflasi 0,45 Persen Pada April 2019, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Muara Bungo yaitu 134,00.

Ini Faktor Kota Muara Bungo Alami Inflasi 0,45 Persen Pada April 2019
Tribunjambi/Fitri Amalia
April 2019, Bawang Merah Ikut Jadi Penyebab Inflasi di Jambi 

Ini Faktor Kota Muara Bungo Alami Inflasi 0,45 Persen Pada April

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Pada April 2019, Kota Muara Bungo mengalami inflasi sebesar 0,45 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Muara Bungo yaitu 134,00.

Hal tersebut sebagaimana data yang dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bungo, Senin (13/5/2019).

Kepala BPS Bungo, Ahmad Fauzi menyebutkan, Inflasi di Kota Muara Bungo terjadi pada lima kelompok pengeluaran barang dan jasa akibat adanya kenaikan IHK.

Baca: Kendalikan Inflasi Jelang Lebaran, Bupati Muarojambi Pantau Harga Sembako di Pasar Sengeti

Baca: Ada Pasar Malam di Kawasan Masjid Agung As Sulton, Sarolangun, Pengurus Masjid Merasa Terganggu

Baca: Beberapa Pemicu Anjloknya Harga TBS,Ini Diantaranya Menurut Disbunak Kabupaten Batanghari

"Inflasi di Kota Muara Bungo terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada lima kelompok pengeluaran, yaitu Kelompok Bahan Makanan sebesar 1,59 persen; Kelompok Sandang sebesar 0,49 persen; Kelompok Transpor, Komunikasi dan Jasa Keuangan sebesar 0,22 persen; Kelompok Kesehatan sebesar 0,06 persen; dan Kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok dan Tembakau sebesar 0,05 persen," katanya.

Sedangkan Kelompok Perumahan, Air, Listrik, Gas dan Bahan Bakar; dan Kelompok Pendidikan, Rekreasi dan Olahraga mengalami deflasi masing-masing sebesar 0,09 persen.

Baca: Kebutuhan Uang Selama Ramadhan dan Idul Fitri di Jambi Rp 2,59 Triliun, Meningkat 1,82 Persen

Baca: Pemkab Siapkan 4.400 Paket Bapok Murah, Besok Operasi Pasar Mulai Digelar Pemkab Kerinci

Baca: Petani Sawit di Batanghari Mengeluh, Harga TBS Anjlok Menjadi Rp950 Per Kg

Pada pembentukan inflasi Kota Muara Bungo, andil terbesar inflasi berasal dari Kelompok Bahan Makanan sebesar 0,3870 persen.

Selanjutnya, ada Kelompok Sandang sebesar 0,0431 persen; Kelompok Transpor, Komunikasi dan Jasa Keuangan dengan andil sebesar 0,0314 persen; Kelompok Kesehatan sebesar 0,0026 persen; dan Kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok dan Tembakau sebesar 0,0110 persen.

Sementara itu, Kelompok Perumahan, Air, Listrik, Gas dan Bahan Bakar memberikan andil deflasi sebesar 0,0175 persen; dan Kelompok Pendidikan, Rekreasi dan Olahraga sebesar 0,0066 persen.

"Ada pun komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Muara Bungo bulan April 2019, antara lain bawang merah, jeruk, daging ayam ras, bawang putih, nila, ketimun, baju muslim, bayam, angkutan udara, jengkol, dan apel," jelasnya.

Sedangkan komoditas penyumbang deflasi antara lain: beras, cabai rawit, pisang, terong panjang, tarif listrik, minyak goreng, cabai merah, buku tulis bergaris, sawi hijau, dan baju kaos berkerah.

Sejauh ini, angka inflasi tersebut masih terkendali.

(Mareza Sutan A J/ Tribun Jambi)

Penulis: Mareza
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved