Puasa Sebagai Perisai dari Amarah

Rasulullah SAW bersabda. “Puasa adalah perisai, apabila ada orang yang mencaci maki atau mengajak bertengkar, katakanlah

Puasa Sebagai Perisai dari Amarah
istimewa
Dr Bahrul Ulum MA 

Oleh : Dr Bahrul Ulum MA

Dosen UIN STS Jambi/PWNU Prov. Jambi/Pengurus MUI
Prov. Jambi

 
Rasulullah SAW bersabda. “Puasa adalah perisai, apabila ada orang yang mencaci maki atau mengajak bertengkar, katakanlah, desungguhnya aku sedang berpuasa” (Muttafaq ‘alaihi).

Salah satu tujuan disyariatkan puasa pada hakikatnya adalah untuk menahan diri, bukan hanya menahan diri dari semua daftar keinginan yang berlebel duniawi yang seringkali tidak terkendali, tetapi juga menahan diri darirasa emosi dan amarah ketika dihadapkan pada kondiisi yang menjengkelkan.

Ketika kemarahan memuncak, suasana hati seringkali bergolak tidak terkendali. Akibatnya persoalan kecil yang biasanya tidak perlu menimbulkan gesekan-gesekan sosial, akan berubah menjadi persoalan serius dan dapat menimbulkan sesuatu yang fatal.

Mengelola amarah saat berpuasa memang tidak mudah dan penuh perjuangan dibandingkan menahan lapar dan dahaga. Waktu satu bulan itu menjadi momentum yang tepat untuk latihan menahan amarah atau emosi.

Hadis di atas, merujuk pada orang yang berpuasa bahwa apabila ada orang yang mengajak bertengkar, maka hendaklah mengatakan “Sesungguhnya saya sedang berpuasa”.

Makna yang tersirat bahwa seakan-akan ia berkata, “Ketahuilah bahwa aku bukannya tidak bisa membalas apa yang engkau katakan, tapi sesungguhnya aku sedang berpuasa. Aku menghormati puasaku dan menjaga kesempurnaannya, serta perintah Allah dan rasul-Nya. Ketahuilah bahwa puasa mengajakku untuk tidak membalas semua itu dan memerintahkanku untuk bersabar.

Apabila hal itu dapat kita tunjukkan, selain sudah menjadi perisai dalam menahan amarah atau emosi, juga telah menjadikan puasa kita bernilai tinggi, yang dapat menjadi teladan bagi yang lainnya. (*)

Editor: awang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved