Polres Muarojambi Lakukan Penilaian Indeks Tata Kelola, Berbagai Elemen Dilibatkan

Polres Muarojambi melaksanakan penilaian terhadap Indeks Tata Kelola (ITK) dan kinerja Polres Muarojambi.

Polres Muarojambi Lakukan Penilaian Indeks Tata Kelola, Berbagai Elemen Dilibatkan
Tribun Jambi/Samsul Bahri
Polres Muarojambi melaksanakan penilaian terhadap Indeks Tata Kelola (ITK) dan kinerja Polres Muarojambi. 

Polres Muarojambi Lakukan Penilaian Indeks Tata Kelola, Berbagai Elemen Dilibatkan

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Polres Muarojambi melaksanakan penilaian terhadap Indeks Tata Kelola (ITK) dan kinerja Polres Muarojambi.

Kegiatan penilaian ini melibatkan seluruh elemen masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, wartawan, tokoh pemuda dan berbagai instansi di Kabupaten Muarojambi, di aula Polres Muarojambi, Rabu (8/5).

Dikatakan Ahmad Pawaid, Bagian Kemitraan ITK Mabes Polri, pelaksanaan ITK ini diuji coba dengan melakukan ITK melalui online dan kuisioner manual dengan kertas.

"Indeks ini salah satu alat ukur untuk melihat potret tata kelola Polri di tingkat kewilayahan polda dan polres. Polri punya tugas yang besar untuk bersinggungan dengan masyarakat, itu lah upaya kita dengan melakukan indeks ini," ucapnya

Ia menjelaskan penilaian ITK Polri tahun 2019 ini nantinya akan bermanfaat tidak hanya untuk internal kepolisian tetapi secara ekternal juga.

Bahkan dengan penilaian yang melibatkan pihak ekternal, Fawaid mengugkapkan bahwa ini sejarah dalam penilaian polri.

"Ini adalah sejarah Polri, di mana Polri dinilai oleh eksternal. Manfaat dari penilaian ini di antaranya kesiapan menuju zona integritas, serta perbaikan pelayanan publik. Indeks inilah menjadi tolak ukur nantinya dalam pelaksanaan tugas kita polri ke depan,"ungkapnya

Ia juga menjelaskan tujuh prinsip-prinsip dasar penilaian terhadap ITK dan kinerja Polri, yakni Kompetensi, Responsif, Prilaku, Transparan, Keadilan Efektifitas dan Akuntabilitas.

Ia juga katakan bahwa penilaian dari para responden yang hadir ini nantinya akan menjadi pointer dalam penilaian terhadap ITK Kinerja Polres Muarojambi.

"Dari 452 Polres yang ada di seluruh Indonesia nanti akan diranking sesuai ITK dan penilaian para responden. Untuk tahun lalu posisi teratas diraih oleh polres Bau-bau dengan nilai 6.79 (dari penilaian angka 1-10)," paparnya.

Sementara itu, Kabag Ren, Kompol Salpandri mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh tamu yang hadir untuk memberikan responden terhadap ITK tersebut. Ia berharap dengan adanya ITK dari respon yang hadir, dapat memberikan pandangan terhadap kinerja pelayanan polres Muarojambi khususnya di masyarakat.

"Kita harapkan ini menjadi keterwakilan masyarakat terhadap pelayanan yang ada di polres muarojambi. Sehingga apapun penilaian terhadap kita, sekecil apapun itu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat,"pungkasnya. (Samsul Bahri / Tribunjambi.com)

 Bandingkan Ukuran Pinggang Gisella Anastasia, Luna Maya dan Nia Ramadhani, Pantas Endorse Terus

 Akhirnya Terungkap Arti Setan Gundul dan 62 Cuitan Andi Arief, Begini Penjelasan Didi Irawadi

 Pertarungan Fadli Zon vs Adian Napitupulu di Bogor, Ternyata Segini Perolehan Suara Mereka

 Kades Inspeksi Rumah Janda di Malam Hari, Warga Penasaran Lalu Ngintip, Kaget karena Melihat

Penulis: syamsul
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved