Perekonomian Provinsi Jambi Tumbuh 4,73 Persen di Triwulan I 2019

Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi Mencatat ekonomi Provinsi Jambi triwulan I-2019 tumbuh 4,73 persen (y-on-y).

Perekonomian Provinsi Jambi Tumbuh 4,73 Persen di Triwulan I 2019
THINKSTOCKS
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Perekonomian Provinsi Jambi berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan I-2019 mencapai Rp 53.320 miliar dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 36.296 miliar.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi Dadang Hardiwan mengatakan ekonomi Provinsi Jambi triwulan I-2019 tumbuh 4,73 persen (y-on-y). Realisasi tersebut lebih baik dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencapai 4,71 persen.

Dadang mengatakan, dari sisi produksi pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan usaha perdagangan besar dan eceran yang tumbuh 7,62 persen, seperti reparasi mobil dan sepeda motor.

"Diikuti Informasi dan komunikasi sebesar 7,26 persen serta penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 6,50 persen, dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga yang tumbuh sebesar 18,43 persen," jelas Dadang saat rilis di BPS Provinsi Jambi, Senin (6/5).

Baca: Abu Bakar Jamalia Yakin Terpilih Jadi DPD Dapil Jambi, Curiga Ada Kecurangan Jika Dia Gagal

Baca: Harga Bawang Putih Rp 150 Ribu, Warga Batanghari Hanya Mampu Beli Tiga Siung

Baca: Pura-pura Minta Dijagakan Anaknya, Lelaki Tua Ini Justru Cabuli Keponakannya Hingga 7 Kali

Baca: Terungkap, Ini Penyebab Kecelakaan Maut yang Tewaskan Suami Istri di Pondok Meja Jambi

Baca: 16 Ribu Warga Tanjab Barat Batal Terima Bantuan Pangan, Begini Penjelasan Dinas Sosial

Struktur PDRB Provinsi Jambi menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku pada triwulan I 2019 tidak menunjukkan perubahan yang berarti. Baik itu pertanian, kehutanan, perikanan, pertambangan dan penggalian, perdagangan besar maupun eceran, industri pengolahan serta konstruksi masih mendominasi PDRB Provinsi Jambi.

Jika dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi triwulan I 2019 (y on y) pertanian, kehutanan dan perikanan menjadi sumber pertumbuhan tertinggi yakni sebesar 1,26 persen.

Ekonomi Provinsi Jambi triwulan I 2019 melambat sebesar -2,04 persen (q to q). Dari sisi produksi pertumbuhan tertinggi pada lapangan usaha jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 2,87 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga yang meningkat signifikan sebesar 4,67 persen.

"Ekonomi Provinsi Jambi triwulan I 2019 terhadap triwulan sebelumnya (q to q) tumbuh -2,04 persen, jasa kesehatan dan kegiatan sosial, real estate serta jasa pendidikan merupakan sektor tertinggi pertumbuhannya pada periode ini secara q to q," ujarnya.

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved