Fasha Perintahkan Dinas Kesehatan Turunkan Petugas Cek Kesehatan Petugas Pemilu

Wali Kota Jambi Syarif Fasha menjenguk Farah Diba (37) salah satu petugas KPPS yang dirawat di rumah sakit DKT Kota Jambi.

Fasha Perintahkan Dinas Kesehatan Turunkan Petugas Cek Kesehatan Petugas Pemilu
Tribunjambi/Rohmayana
Tampak kunjungan walikota Jambi Syarif Fasha ke rumah sakit DKT melihat petugas KPPS yang sakit. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Wali Kota Jambi Syarif Fasha menjenguk Farah Diba (37) salah satu petugas KPPS yang dirawat di rumah sakit DKT Kota Jambi, Rabu (24/4). Petugas KPPS tersebut dirawat karena kondisinya yang lemah dan sempat pingsan sejak bertugas menjadi KPPS pada pilpres dan pileg lalu.

Farah menjelaskan, sebelum dirawat dirinya merasa mual dan muntah. Sebab, harus bertugas dari pagi hingga tengah malam selama pemilu.

“Rasanya mual, muntah dan lemas. Maag saya kambuh,” ujarnya saat dijenguk oleh Fasha.

Farah sendiri bertugas sebagai KPPS di TPS 14 Kelurahan Sungai Asam Kecamatan Pasar Kota Jambi. Farah terpaksa dilarikan ke rumah sakit pada Senin malam (22/4) karena kondisinya semakin melamah.

“Iya karena tugasnya yang cukup berat, pulang malam terus,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyampaikan rasa prihatinnya karena banyaknya petugas KPPS yang sakit bahkan ada yang meninggal dunia.

Baca: Tanggapi Kritikan Fraksi Gerindra, Syarif Fasha Bantah Sekolah Swasta Jadi Favorit

Baca: Bersaing Suara dengan Rocky Candra, Ritas Optimis Raih Satu Kursi di Dapil Kota Jambi

 

Baca: Diduga Lakukan Money Politic, HA: Saya Tak Tahu Soal Bagi-bagi Amplop Itu

Baca: Diduga Kelelahan Pantau Pemilu, Panwascam di Kecamatan Maro Sebo Ulu Dirujuk ke Puskesmas

Baca: Gara-gara Curi Celengan Jondra Dituntut 2,5 Tahun Penjara, Nasibnya Ditentukan Minggu Depan

“Saya baru menjenguk salah satu warga saya yang dirawat karena bertugas menjadi KPPS di Kelurahan Sungai Asam. Ini adalah salah satu korban pemilu. Beliau sakit, sempat pingsan sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Ada juga warga kita yang bahkan meninggal dunia dan saat ini jenazahnya dibawa ke Palembang. Mungkin besok kalau keluarga sudah pulang ke Jambi baru kita pergi menyelawat,” katanya.

Fasha berharap banyakya kejadikan petugas KPPS yang sakit bahkan meninggal menjadi evaluasi kedepan.  “Ini pelajaran bagi kita semua, pemerintah pusat, KPU untuk menjadikan tolak ukur pemilu dan pilpres. Secara aturan kita siat, tapi secara fisik petugas kita tidak siap,” ujarnya.

Terlebih pada 2024 mendatang MK menetapkan pemilu serentak untuk Bupati/walikota, Gubernur, DPRD Kota/kabupaten, DPRD Provinsi, DPRD RI hingga DPR RI.

“Kalau melihat kondisi seperti ini akan banyak korban. Tidak hanya petugas, tapi juga aparatur Kepolisian, TNI dan juga masyarakat sebagai saksi. Mudah mudahan ini sebagai evaluasi,” ujarnya.

Untuk pengobatan petugas pemilu sepenuhnya dibantu oleh Pemerintah Kota Jambi. “Kebetulan pasien BPJS kesehatan dan kita akan terus back up jika ada harus di rujuk,” bebernya.

Dari laporan yang diterima Fasha, ada satu petugas KPPS di Kota Jambi yang sakit dan satu meninggal. “Namun kemungkinan masih banyak tapi tidak dilaporkan ke kita. Karena mungkin sudah diatasi oleh pihak TPS masing-masing,” bebernya.

Fasha juga memerintah Dinas Kesehatan Kota Jambi untuk menurunkan petugas medis guna melakukan pengecekan kondisi kesehatan seluruh petugas KPPS yang saat ini masih bekerja. Serta petugas kepolisian dan TNI.

“Saya sudah perintahkan Dinas Kesehatan untuk hari ini langsung menurunkan tim medis mengecek kesehatan satu per satu petugas KPPS. Jika ada yang kondisinya tidak sehat dan kurang fit, lebih baik disuruh pulang dan istirahat,” pungkasnya.

Baca: Suwarto Bantah Tudingan Saksi Paslon 02, Tegaskan Tak Ada Kecurangan Rekapitulasi Pleno Kumpeh Ulu

Baca: Realisasi Anggaran di Bawah Target, Setda Kerinci Desak OPD Percepat Program Kerja

Baca: Prakiraan Cuaca, BMKG Ingatkan Warga Jambi Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir

Baca: VIDEO: Viral, Anggota TNI Bantu Persalinan Darurat Warga Papua, Bayi Lalu Diberinama Satuan TNI

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved