Kuota Haji Indonesia Tambah 10 Ribu, Provinsi Jambi Pastikan Dapat Jatah Tambahan

Kuota haji Provinsi Jambi yang dipastikan berangkat pada musim haji 2019 ini berjumlah 2899 orang.

Kuota Haji Indonesia Tambah 10 Ribu, Provinsi Jambi Pastikan Dapat Jatah Tambahan
Tribunjambi/Zulkifli
Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Jambi M. Thoif. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Kuota haji Provinsi Jambi yang dipastikan berangkat pada musim haji 2019 ini berjumlah 2899 orang. Namun, kabar gembira bagi Calon Jamaah Haji (CJH), kuota tersebut dimungkinkan akan bertambah.

Penambahan kuota haji itu berdasarkan kebijakan pemerintah pusat yang saat ini masih dirapatkan. Ini juga berkat lobi pemerintah RI ke pemerintah Arab saudi, sehingga dikabulkan penambahan kuota haji sebanyak 10 ribu orang se Indonesia. Namun, karena pertemuan dan pembahasan belum final, maka berapa jatah untuk Provinsi Jambi belum bisa dipastikan.

Itu disampaikan Kepala Sub Bagian Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, M Thoif saat diwawancarai Tribunjambi.com, Senin (22/4).

“Namun tidak serta merta langsung, karena pemerintah harus duduk bersama dengan DPR RI dulu. Namun, informasi yang kami terima, karena pak Kakanwil juga ikut rapat, penambahan kuota itu akan diberlkaukan pada musim haji tahun 2019 ini,” katanya.

Baca: Ibni Lari ke Rumah Neneknya Usai Menusuk Dada Suhendra, Begini Kronologi Pembunuhan Warga Tebo

Baca: Aset Pemprov Jambi Diusulkan Pindah Hak Milik, Ini Daftar Lengkap Aset yang Akan Dipindah

Baca: Dewan Apresiasi LKPJ Bupati Muarojambi, Janji Akan Selalu Dukung Program Bupati Masnah

Baca: Heboh, Video Fenomena Alam Awan di Langit Malam Menyerupai Mata di Wilayah Bandung

Baca: 24 dan 27 April, 4 TPS di Tanjab Barat akan Kembali Lakukan Pemilu, Begini Penjelasan KPU

Kemudian, CJH yang berhak berangkat tahun ini karena penambahan kuota itu, menurut Thoif juga sedang dibahas mekanismenya. Namun, bisa hampir dipastikan, mereka yang masuk dalam daftar cadangan akan menjadi prioritas. Karena ini berdasarkan nomor porsi dan daftar tunggu.

“Kita masih menunggu. Yang pertama berapa yang akan diberikan ke Jambi, kemudian mekanisme dan prosedur, dan siapa yang akan dapat jatah,” paparnya.

Dia menjelaskan, inilah gunanya adanya pelunasan biaya perjalan haji tahap II. Dimana, pada tahan satu sudah selesai pelunasan pada 15 April lalu. Dari 2899 CJH, sudah 92,31 persen yang melunsai, atau sebanyak 2676 orang. Sementara yang belum melunasi adalah 223 orang. “Ada juga CJH cadangan yang telah melunasi,” jelasnya.

Secara ringkas, menurut Thoif yang berhak lunas tahap I adalah mereka yang masuk porsi, kemudian belum pernah berhaji sebelumnya.

Sementara itu, M. Bafadhal, Kasi Pengelolaan Keuangan Haji mengatakan, mereka yang akan melunasi pembayaran di tahap II adalah mereka yang berhak lunas tahap I, namun terjadi kegagalan pembayaran. Bisa jadi karena koneksi, atau sistem. Ada juga yang jamaah gagal berangkat tahun lalu, namun tercatat sudah berangkat. “Gagal berangkat di last minute, di embarkasi misalnya,” katanya.

Kemudian, CJH yang sebenarnya masuk dalam berhak lunas tahap I, namun ternyata sudah pernah naik haji. Selanjutnya penggabungan suami istri atau anak dengan orang tua kandung. Kemudian ada pendamping lansia yang sudah lunas tahap I.

“Yang terakhir, pengajuan lansia untuk percepatan keberangkatan. Usianya di atas 75 tahun, dan dia berhak mengajukan satu orang pendamping. Pelunasan tahap II ini dari 30 April sampai 10 Mei besok,” tandasnya.

Baca: Hari Pertama UNBK di Kota Jambi Terlambat, Kadisdik: Tapi Masih Batas Wajar

Baca: 50 Hektare Sawah di Pendopo Batanghari Terendam Banjir, Musim Tanam Terpaksa Ditunda

Baca: 2 Terduga Pelaku Pembakaran Kotak Suara Tiga TPS Sungai Penuh Ditangkap, Salah Satunya Panwas Desa

Baca: Pasokan Kurang, Harga Bahan Pokok di Kota Jambi Merangkak Naik, Daging Ayam Naik Rp10 Ribu

Baca: Video: Detik-detik Semburan Lumpur di Blora Setinggi Belasan Meter, Ada Rel Kereta Api di Sebelahnya

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved