Sektro Perdagangan Jambi

Momen Pemilu Berikan Dampak Pertumbuhan Sektor Perdagangan di Triwulan Pertama

Momen Pemilu Berikan Dampak Pertumbuhan Sektor Perdagangan di Triwulan Pertama

Momen Pemilu Berikan Dampak Pertumbuhan Sektor Perdagangan di Triwulan Pertama
Tribunjambi/Fitri Amalia
Bayu Martanto dan Bupati Kabupaten Kerinci Adirozal saat penandatangan MoU Kerjasama Pengembangan Potensi Ekonomi Daerah Bertepatan dengan Festival 1000 Kopi di Kayu Aro 

Momen Pemilu Berikan Dampak Pertumbuhan Sektor Perdagangan di Triwulan Pertama

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pertumbuhan sektor perdagangan diperkirakan menguat pada triwulan 1 2019. Perbaikan kinerja sektor perdagangan terutama akan didorong oleh peningkatan daya beli masyarakat seiring meningkatnya pertumbuhan sektor unggulan daerah.

"Selain itu momen pemilihan umum juga memberikan dampak dimana agenda kepanjangan kegiatan sosialisasi dalam rangka pemilu dan pilpres 2019 yang diperkirakan meningkat pada triwulan pertama 2019 juga akan berkontribusi terhadap pertumbuhan sektor perdagangan," kata Kepala Kantor BI Provinsi Jambi Bayu Martanto.

Baca: Lagi Mampir di Warung Pecel Lele, Tiga Pelaku Perdagangan Kulit Harimau Dibekuk Polres Bungo

Baca: WOW! BLACKPINK Kembali Cetak Rekor Baru di Tangga Lagu Billboard dengan Kill This Love

Baca: Detik-detik Kejatuhan Soeharto, DPR Dikuasai Mahasiswa, 14 Menteri Membangkang Dipanggil Habibie

Ia mengatakan, proyeksi pertumbuhan sektor perdagangan sejalan dengan pandangan pelaku usaha di provinsi Jambi persepsi pelaku usaha sebagaimana tercermin dari survei kegiatan dunia usaha Provinsi Jambi triwulan IV 2018 lalu menunjukkan optimisme bahwa sektor perdagangan besar dan eceran akan meningkat sebesar 0,41 persen. Harga jual di sektor perdagangan besar dan eceran juga diperkirakan naik sebesar 7,26 persen.

Sementara itu, melihat kebelakang, sektor perdagangan besar, eceran, reparasi mobil dan sepeda motor tercatat tumbuh 5,54 persen pada triwulan IV 2018 ,melambat dibanding dengan sebelumnya sebesar 6,33 persen namun lebih tinggi dibandingkan triwulan IV 2017 sebesar 5,15 persen.

Berdasarkan andilnya terhadap total pertumbuhan ekonomi daerah sektor perdagangan besar, eceran, reparasi mobil dan sepeda motor menyumbang 0,54 persen.

"Secara keseluruhan tahun 2018 pertumbuhan sektor pertambangan mencapai 6,17 persen meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 4,33 persen," ujarnya.

Baca: LENGKAP! Hasil LIDA 2019 Show Grup 3, Aksi Memukau Angga, Nirwana, Yusuf & Cut yang Mendapatkan 6 SO

Baca: Kisah Cinta Abul dan Lisa Novita, Pernikahan Beda Pilihan Capres dan Desain Undangan Langka

Baca: UPDATE Lokasi Tempat Coblos Capres, Prabowo Dikabarkan ke TPS Naik Kuda, Jokowi?

Pertumbuhan tahun 2018 terutama didorong oleh penyelenggaraan Pilkada serentak persiapan pemilu dan pilpres 2019 serta berbagai agenda Kegiatan nasional yang diselenggarakan di provinsi Jambi antara lain perkemahan Pramuka santri nasional festival perhutanan sosial Nusantara Siti sanitation Summit dan festival kopi Kerinci.

Pertumbuhan sektor perdagangan besar, eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sejalan dengan meningkatnya penyaluran kredit perdagangan dan kredit kepemilikan kendaraan bermotor. (kKB). Hingga triwulan IV 2018 lalu pertumbuhan KKB di provinsi Jambi mencapai 24,31 persen atau meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya sebesar 11,24 persen, meskipun sedikit lebih rendah dibandingkan triwulan IIK 2018 sebesar 26,46 persen.

Baca: Bayi Diduga Tertukar, Siti Romlah Kaget Alat Kelamin Bayinya Berubah, Begini Kata Pihak Rumah Sakit

Baca: Daftar Promo Diskon Pemilu 2019, dari Dunkin Donuts s/d Taman Safari Indonesia Bogor

Baca: VIRAL! Pendukung Jokowi & Prabowo Taruhan 1 Hektar Tanah, Pamer Kuitansi Jadi Bukti! Ada Niat Khusus

Baca: Video Mesum Beredar di WhatsApp, PNS Wanita di Kanwil Kemenag Sleman Akui Lakukan Adegan Syur

Cara nominal penyaluran KKB di provinsi Jambi mencapai Rp 1,79 triliun meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar Rp 1,77 triliun. Kredit sektor perdagangan yang juga tercatat tumbuh 4,45 persen pada triwulan IV 2019 setelah tahun sebelumnya mengalami kontraksi sebesar 1,87 persen dan lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 1,09 persen.

"Penyaluran kredit sektor perdagangan hingga triwulan IV 2018 mencapai Rp 8,19 triliun meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar Rp 7,96 triliun," pungkas Bayu.

Momen Pemilu Berikan Dampak Pertumbuhan Sektor Perdagangan di Triwulan Pertama (Fitri Amalia/Tribun Jambi)

Penulis: fitri
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved