Advertorial

Rektor Unja Johni Najwan Tinjau Pelaksanaan UTBK 2019, Ada Tiga Titik Lokasi Ujian

Rektor Unja, Johni Najwan, tinjau pelaksanaan UTBK 2019. Pada 2019, tahapan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mengalami perubahan

Rektor Unja Johni Najwan Tinjau Pelaksanaan UTBK 2019, Ada Tiga Titik Lokasi Ujian
Tribun Jambi
Rektor Unja Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D di sela-sela kegiatan peninjauan pelaksanaan UTBK, Sabtu (13/4) lalu di Lab ICT Fakultas Ekonomi, Telanaipura. 

TRIBUNJAMBI.COM - Pada 2019, tahapan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mengalami perubahan.

Perubahannya, sebelum mendaftar perguruan tinggi, peserta akan diberikan tes terlebih dulu sebagai prasyarat dengan menerapkan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), sedangkan metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) resmi ditiadakan.

Sebelumnya, penandatanganan kerja sama pelaksanaan UTBK telah dilakukan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi, Prof. Dr. Ir. H. RA. Muthalib, M.S, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Drs. Hj. Aprillitzavivayarti, M.M, Ketua Pelaksana UTBK Unja Indra Sulaksana, para kepala sekolah dan operator 10 sekolah yang bekerja sama.

Rektor Unja Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D saat menyampaikan keterangan kepada awak media.
Rektor Unja Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D saat menyampaikan keterangan kepada awak media. (Tribun Jambi)

Menurut Rektor Unja Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D saat ditemui di sela-sela kegiatan peninjauan pelaksanaan UTBK, Sabtu (13/4), Unja bermitra dengan 10 SMA/SMK yang ada di Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi untuk pelaksanaan UTBK.

Sekolah tersebut, antara lain SMK Negeri 3 Kota Jambi, SMAN 6 Kota Jambi, SMAN 1 Kota Jambi, SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi, SMKN 1 Kota Jambi, SMAN 1 Muaro Jambi, SMA Titian Teras H Abdul Rahman Sayuti, SMA Xaverius 1 Kota Jambi, SMAN 3 Kota Jambi dan SMKN 4 Kota Jambi.

Diakuinya, untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer diperlukan tambahan unit komputer untuk pelaksanaan ujian tersebut. Oleh karena itu, Unja bermitra dengan pihak luar untuk menambah kekurangan dari komputer yang dimiliki Unja.

Hal ini sudah diperintahkan oleh LTMPT dan Kementerian bahwa memang perlu bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Jambi.

“Dengan masa waktu UTBK yang hanya dua bulan, maka kita harus mengontrol pelaksanaan UTBK dan berharap mitra dapat bekerja sesuai dengan yang kita harapkan,” jelasnya, lagi.

Dikatakannya, Unja memiliki 620 unit komputer sedangkan sisanya sebanyak 380 unit dilengkapi oleh mitra sekolah.

Seorang peserta UTBK sedang mendengarkan penjelasan teknis UTBK 2019.
Seorang peserta UTBK sedang mendengarkan penjelasan teknis UTBK 2019. (Tribun Jambi)

Untuk Unja, ada tiga titik lokasi pelaksanaan antara lain Pusat UTBK Unja di kampus Buluran Unja bertempat di ruang Lab ICT Fakultas Kedokteran, Lab TIK LPTIK 3 Unja, Kampus Telanaipura, dan Lab ICT Fakultas Ekonomi, Telanaipura dan 10 titik lain yang tersebar di 10 SMA/SMK di Kota Jambi.

UTBK terbagi dalam 2 sesi, sesi pertama pukul 07:30-11.45 dan sesi kedua pada pukul 12:30-16:45.

“Jadi UTBK ini prasyarat untuk masuk SBMPTN, dan peserta jika nilainya bagus bisa melamar ke seluruh PTN di seluruh Indonesia dengan melihat skor akhir tertinggi,” tambahnya.

Selain itu, pelaksanaan UTBK dilengkapi juga genset untuk antisipasi listrik jika padam.

Rektor Unja selaku penanggung jawab sesuai Permenristek Nomor 20/2018 berharap agar peserta UTBK dapat mengerjakan semua soal dengan benar dan mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan, dan kepada orang tua siswa dapat memotivasi putra-putrinya. (*)

Baca: Unja Adakan Workshop Business Plan, Ajak Mahasiswa Jadi Wirausaha Muda Kreatif dan Inovatif

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved