Berita Provinsi Jambi

Inflasi di Maret 0,40 Persen, Ini 5 Kelompok Faktor Inflasi di Pedesaan

Inflasi di Maret 0,40 Persen, Ini 5 Kelompok Faktor Inflasi di Pedesaan

Inflasi di Maret 0,40 Persen, Ini 5 Kelompok Faktor Inflasi di Pedesaan
Tribunjambi/Fitri Amalia
Inflasi di Maret 0,40 Persen, Ini 5 Kelompok Faktor Inflasi di Pedesaan 

Inflasi di Maret, 0,40 Persen, Ini 5 Kelompok Faktor Inflasi di Pedesaan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Maret 2019 Indeks Harga Konsumen di wilayah perdesaan Provinsi Jambi, sebesar 135,90 atau terjadi inflasi sebesar 0,40 persen. Ini berdasarkan data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi.

Dadang Hardiwan, Kepala BPS Provinsi Jambi mengatakan, menurut kelompok konsumsi rumah tangga, inflasi terjadi pada lima kelompok yaitu kelompok Bahan Makanan sebesar 0,76 persen, kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok, dan Tembakau sebesar 0,13 persen, kelompok Perumahan sebesar 0,02 persen, kelompok Sandang sebesar 0,44 persen serta kelompok Kesehatan sebesar 0,26 persen. Saat ini bahan makanan mempunyai andil besar inflasi di pedesaan.

Baca: Tingkat Hunian Kamar Hotel di Jambi Bulan Februari Turun Dibandingkan Januari, Rilis Lengkap BPS

Baca: VIDEO: Aksi Pemain Anyar Porto, Eder Militao, Berhasil Pecundangi Penyerang Liverpool Mohamad Salah

Baca: FOTO: Deretan Artis Pendukung Jokowi, dan Prabowo, Ada yang Cantik dan yang Militan Lho

"Deflasi terjadi pada satu kelompok saja yakni kelompok Pendidikan, Rekreasi, dan Olah Raga sebesar 0,01 persen, ada satu kelompok yang tidak mengalami perubahan indeks harga yaitu kelompok kelompok Transportasi dan Komunikasi," ujarnya, Rabu (10/4/2019) pada Tribunjambi.com.

Selain itu, berdasarkan hasil pemantauan harga-harga perdesaan di sepuluh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi pada Maret 2019, NTP Provinsi Jambi naik sebesar 0,83 persen dibandingkan bulan sebelumnya yaitu dari 98,38 menjadi 100,21. Kenaikan NTP pada Maret 2019 disebabkan indeks harga hasil produksi pertanian yang naik sebesar 1,19 persen, sedangkan indeks harga yang dibayar petani naik sebesar 0,36 persen.

BPS Provinsi Jambi, menyampaikan keterangan
BPS Provinsi Jambi, menyampaikan keterangan (Tribunjambi/Fitri Amalia)

"NTP ini lebih dipengaruhi oleh harga yang diterima petani, yakni harga Hortikultura harga bawang yang mengalami peningkatan dan juga Perkebunan, menurut catatan kami di bulan Maret ada harga yang mengalami peningkatan khususnya di Kelapa sawit, sedangkan komoditi lain hanya sedikit mengalami peningkatan, tetapi pinang mengalami penurunan," jelas Dadang.

Penurunan NTP terjadi pada tiga subsektor yaitu subsector Tanaman Pangan yang turun sebesar 0,84 persen, subsektor Peternakan yang turun sebesar 0,47 persen serta subsektor Perikanan yang turun sebesar 1,25 persen.

Baca: Aktor FTV Agung Saga Ditangkap Saat Nongkrong di Depan Minimarket Bersama Seorang Pria

Baca: Link Nonton Gratis Anime One Punch Man Season 2 Episode 1, Animasinya Lebih Bagus atau Lebih Buruk?

Baca: Selewengkan Setoran Dana Pelanggan PDAM Rp 429 Jutaan, Terdakwa Divonis 2 tahun 10 Bulan

Selain itu, indeks harga yang diterima petani (It) menunjukkan perubahan harga komoditas pertanian yang dihasilkan petani. Nilai It pada Maret 2019 naik sebesar 1,19 persen dibandingkan It Februari 2019, yaitu dari 131,62 menjadi 133,19.
Peningkatan Itu juga terjadi pada dua subsektor yaitu subsektor Hortikultura yang naik sebesar 2,25 persen serta subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat yang naik sebesar 2,06 persen.

Baca: Benny Moerdani Tak Tergoda Peti Harta, RPKAD Serbu Pekanbaru Hanya dengan 5 Personel

Baca: BELUM Pernah Latihan Terjun Payung, Danjen Kopassus Ini Nekat Lompat saat Operasi Udara Tumpas PRRI

"Antara indeks yang diterima mengalami peningkatan juga yang lebih tinggi dibanding dengan nilai tukar yang dibayar petani, nilai tukar dari Hortikultura meningkat 1,96 persen dan di Perkebunan 1,67 persen, ini yang mengangkat nilai tukar petani secara keseluruhan," jelasnya.

Terjadi penurunan It pada tiga subsektor yaitu subsektor Tanaman Pangan yang
turun sebesar 0,43 persen, subsektor Peternakan yang turun sebesar 0,14 persen serta subsektor Perikanan yang turun sebesar 0,94 persen.

Inflasi di Maret 0,40 Persen, Ini 5 Kelompok Faktor Inflasi di Pedesaan (Fitri Amalia/Tribun Jambi)

Penulis: fitri
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved