RAKERKESDA 2019 Kontribusi Besar untuk Jambi TUNTAS 2021

Dinas kesehatan provinsi Jambi menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) 2019, mengusung tema Kolaborasi

RAKERKESDA 2019 Kontribusi Besar untuk Jambi TUNTAS 2021
ist
Kadinkes provinsi jambi dr.Samsiran Halim (kedua dari kanan) bersama pejabat kemenkes RI dan Staf ahli gubernur jambi saat RAKERKESDA 2019 

RAKERKESDA 2019 Kontribusi Besar untuk Jambi TUNTAS 2021

JAMBI - Dinas kesehatan provinsi Jambi menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) 2019, mengusung tema Kolaborasi provinsi jambi dan Kabupaten/Kota dalam peningkatan cakupan pelayanan kesehatan semesta menuju Jambi TUNTAS 2021.

Rakerkesda 2019 dibuka oleh Staf ahli gubernur Asraf mewakili Gubernur Jambi H.Fachrori Umar, Selasa (2/4). didampingi kadis kesehatan provinsi jambi dr.Samsiran Halim, kepala balitbangkes kemenkes RI dr.Siswanto, staf ahli menkes RI H.M.Subuh, Ahli utama kemenkes RI dr.Untung Suseno Sutarjo, dan ketua komisi IV DPRD Provinsi Jambi Nasri Umar.

Gubernur Jambi menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan di provinsi jambi telah berhasil meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, namun masih ada indikator yang perlu perhatian khusus.
“masih belum meratanya akses terhadap pelayanan kesehatan antar wilayah, belum meratanya pemenuhan tenaga kesehatan dan terbatasnya sumber pembiayaan kesehatan," ,ujar gubernur
Rakerkesda ini dilaksanakan pada tanggal 31 maret-2 April 2019 di Abadi Convention Centre yang diikuti oleh seluruh pejabat dinas kesehatan provinsi jambi, dinas kesehatan kabupaten/kota, kepala Bappeda, organisasi profesi, institusi pendidikan, Rumah sakit kabupaten/kota, RS swasta, LSM, dan lintas sektor terkait.

Penampilan Paduan Suara Dinas Kesehatan Provinsi Jambi
Penampilan Paduan Suara Dinas Kesehatan Provinsi Jambi (ist)

Pembangunan kesehatan adalah investasi utama bagi pembangunan sumber daya manusia Indonesia. Pembangunan kesehatan pada dasarnya adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, serta kemampuan setiap orang untuk dapat berperilaku hidup sehat untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya.

Melalui Rakerkesda 2019, Dinas kesehatan provinsi jambi melakukan Perencanaan pembangunan kesehatan yang sistematis, terarah, terpadu dan menyeluruh, serta keterlibatan berbagai sektor dan komponen bangsa dalam pelaksanaannya.

“Rakerkesda bertujuan untuk koordinasi dan sinergisme provinsi dan kabupaten/kota dalam penyusunan rencana aksi percepatan penurunan AKI dan AKN, percepatan Stunting, percepatan eleminasi TB Paru”,Ujar dr.Samsiran Halim.

Upaya-upaya program kesehatan masyarakat yang dilakukan untuk mendukung percepatan pencapaian kelima isu strategis tersebut perlu dilakukan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas, baik secara horizontal lintas program dan sektor maupun secara vertikal antara Pusat dan Daerah Provinsi serta Kabupaten/Kota dengan merumuskan kedalam rencana aksi daerah di bidang kesehatan tahun 2019.
Pada kegiatan ini juga dibuka stan-stan yang diikuti oleh rumah sakit pemerintah dan swasta serta perusahaan farmasi, sebagai upaya memperkenalkan fasilitas pelayanan dan edukasi pada peserta dan tamu undangan yang hadir.

Editor: nani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved