FPMJ dan AJI Kota Jambi Gelar Aksi Solidaritas Pemecatan 18 Pengurus Persma USU

Forum Pers Mahasiswa Jambi (FPMJ) dan Aliansi Jurnalis Indepeden (AJI) Kota Jambi, menggelar aksi solidaritas di simpang BI Telanaipura, Kota Jambi

FPMJ dan AJI Kota Jambi Gelar Aksi Solidaritas Pemecatan 18 Pengurus Persma USU
Tribun Jambi/Zulkifli
Forum Pers Mahasiswa Jambi (FPMJ) dan Aliansi Jurnalis Indepeden (AJI) Kota Jambi, menggelar aksi solidaritas di simpang BI Telanaipura, Kota Jambi, Kamis (4/4) pagi. 

FPMJ dan AJI Kota Jambi Gelar Aksi Solidaritas Pemecatan 18 Pengurus Persma USU

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Forum Pers Mahasiswa Jambi (FPMJ) dan Aliansi Jurnalis Indepeden (AJI) Kota Jambi, menggelar aksi solidaritas di simpang BI Telanaipura, Kota Jambi, Kamis (4/4) pagi.

Aksi solidaritas itu merupakan bentuk keprihatinan terhadap peristiwa yang mencoreng kebebasan pers dan berpendapat di kampus Universitas Sumatera Utara (USU).

Peserta aksi membacakan tuntutan, orasi dan membentang spandu pesan yang berisi kekhawatiran pers mahasiswa.

Dalam orasinya, mereka menilai keputusan Rektor USU yang melakukan pembredelan dengan cara memecat 18 pengurus Pers Mahasiwa Suara USU, mencoreng kebebasan pers dan berpendapat yang dijamin undang-undang dan UUD 1945.

Sebelumnya, sebanyak 18 pengurus Pers Mahasiwa Suara USU dipecat setelah terbitnya cerpen "Ketika Semua Menolak Kehadiran Diriku Di Dekatnya" karya Yael Stefani Sinaga yang dimuat pada 12 Maret 2019.

Pengunjuk rasa menilai bukan hanya Persma Suara USU yang mengalami hal seperti ini.

Lemahnya perlindungan persma mengenai kemerdekaan berekspresi, berpendapat dan menyampaikan informasi juga terjadi di sejumlah kampus atau perguruan tinggi lain di Indonesia.

Koordinator aksi, Hidayat, menyampaikan tuntutan supaya Rektor USU segera mencabut surat keputusan pencabutan status keanggotaan seluruh awak redaksi Suara USU dan memberikan jaminan kemerdekaan berekspresi, berpendapat, dan menyampaikan informasi.

Selain itu, mereka juga meminta kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia menghormati dan mendukung pemenuhan hak lembaga pers mahasiswa dalam mencari, mengolah dan menyebarkan informasi melalui jurnalistik.

Ketua AJI Kota Jambi, M Ramond Eka Putra Usman, mengatakan aksi damai yang dilakukan pada hari ini sebegai bentuk solidaritas terhadap kondisi yang dialami persma di perguruan tinggi.

"Kita berharap kebebasan pers di kampus dapat terwujud dan tidak ada interpensi dari pihak kampus atas kebebasan menyampaikan informasi dan pendapat," ungkapnya.

FPMJ dan AJI Kota Jambi Gelar Aksi Solidaritas Pemecatan 18 Pengurus Persma USU / Zukifli

 Sebuah Kaki Menjulur Keluar Koper, Edy Gemetar Mendekat, Mayat Tanpa Kepala di Blitar

 Fakta Pengakuan Millendaru tentang Alat Vital, Keponakan Ashanty Bikin Geger Nempel Hotman Paris

 Imam Masjid di Kasang Kumpeh Jambi Ditusuk Lehernya hingga Tewas, Diduga Ini Penyebabnya

 Mayat Dalam Koper Itu Guru Honorer di Blitar, Polisi Masih Cari Kepala Budi Hartono

Penulis: Zulkifli
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved