Pemkab Sarolangun akan Bentuk UPPB, Upaya Dongkrak Harga Karet

Pemkab Sarolangun akan Bentuk UPPB, Upaya Dongkrak Harga Karet yang nantinya bisa dijadikan bahan campuran aspal

Pemkab Sarolangun akan Bentuk UPPB, Upaya Dongkrak Harga Karet
Tribunjambi/Wahyu
Bupati Sarolangun, H Cek Endra 

Pemkab Sarolangun akan Bentuk UPPB, Upaya Dongkrak Harga Karet

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten Sarolangun akan berupaya untuk segera membentuk Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) bahan olahan karet rakyat.

Sebab, dengan adanya UPPB tersebut akan bisa menaikkan harga karet rakyat yang saat ini masih di angka Rp 6.000 perkilonya.

Kenaikannya bisa mencapai Rp 9.000 perkilonya, yang dibeli langsung oleh Kementrian PUPR untuk menggunakan karet sebagai salah satu bahan campuran aspal jalan.

Baca: Dirjen Perkebunan Sebut Kementrian PUPR akan Beli Karet Rp9 Ribu per/Kg untuk Bahan Campuran Aspal

Baca: Pengunjung Bisa Dapat Sembako Murah Hanya Rp 10 Ribu per Paket, Pakai Linkaja

Baca: TERORIS Tersungkur Dekat Pramugari, Baku Tembak Kopassus vs Pembajak: Pembebasan Sandera

"Syaratnya kita harus membuat kelompok, yang kedua meningkatkan kualitas karet agar harganya bisa 9.000. Mudah-mudahan Sarolangun segera membentuk kelompok itu supaya masyarakat bisa menjual lebih tinggi dari harga pasar sekarang 6..000 perkilo," sebut Bupati Sarolangun Cek Endra, usai mendampingi Kunjungan Kerja Dirjen Perkebunan, Kasdi Subagyono, belum lama ini

Bupati juga bilang bahwa upaya tersebut dimana karet untuk bahan campuran aspal, tidak menutup kemungkinan akan diterapkan di Kabupaten Sarolangun.

Sebab Dirjen Perkebunan sudah meminta agar Kemendagri mendorong para kepala daerah melakukan hal tersebut, supaya bukan hanya Kementrian PUPR yang menerapkan tapu pemerintah daerah dan provinsi juga demikian.

"Pemerintah sudah berupaya sekarang, mengingat harga karet kita yang turun, baik melalui kerja sama dengan kementrian pu dimana karet sebagai bahan campuran aspal dan itu sudah dibeli, sekarang ada 2500 ton di beli kementrian pu," katanya.

Pemkab Sarolangun akan Bentuk UPPB, Upaya Dongkrak Harga Karet (Wahyu/Tribun Jambi)

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved