Pemerintah Jambi Gelar Musrenbang Tingkatkan Daya Saing SDM dan Produk Unggulan Daerah

Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar, buka Musrenbang dalam Rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Tahun Daerah Provinsi Jambi tahun 2020.

Pemerintah Jambi Gelar Musrenbang Tingkatkan Daya Saing SDM dan Produk Unggulan Daerah
IST
Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar, MHum resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat provinsi di Bungo. 

MUARA BUNGO - Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar, MHum resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam Rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Tahun Daerah (RKPD) Provinsi Jambi tahun 2020, Kamis (28/3). Musrenbang kali ini mengangkat tema 'Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia dan Produk Unggulan Daerah' dan berlangsung di ball room Semagi Hotel, Bungo.

Musrenbang tingkat provinsi pertama yang berlangsung di Bungo ini meliputi keuangan negara, sistem pembangunan nasional, pemerintahan daerah, tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

Ada pun tujuan Musrenbang ini untuk meningkatkan harmonisasi dan sinkronisasi program Pemerintahan Pusat, pemerintah Provinsi Jambi, dan Pemerintah Kota. Selanjutnya, untuk mendapatkan masukan dari seluruh stakeholder sebagai bahan penyempurnaan RKPD menjadi rancangan akhir RKPD 2020.

Baca: Dana BOS Macet, Sekolah di Kota Jambi Cari Dana Talangan untuk Opersional Sekolah

Baca: Penetapkan Tersangka Kekerasan pada Panwasludes Pelompek, Polres Kerinci Tunggu Gelar Perkara

Baca: BLK Provinsi Jambi Siapkan 70 Paket Pelatihan untuk 1.000 Peserta Gratis, Cek Infonya di Website BLK

Baca: FPI Kota Jambi Laporkan Masih Ada Aktivitas Prostitusi di Pucuk, Fasha: Buktikan, Jangan Hanya Lapor

Gubernur Jambi dalam sambutanya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Bungo, yang telah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musrenbang RKPD tahun 2020 Tingkat Provinsi Jambi.

Dia menyampaikan, Musrenbang RKPD Tahun 2020 merupakan momentum yang penting, karena memasuki tahun keempat dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Jambi.

“Sejalan dengan hal tersebut, kita harus memperhatikan dan memiliki tanggung-jawab untuk meningkatkan akselerasi pembangunan dalam mendukung pencapaian terhadap visi pembangunan jangka menengah daerah Provinsi Jambi, yaitu Jambi yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera 2021,” harapnya.

Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar, MHum resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat provinsi di Bungo.
Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar, MHum resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat provinsi di Bungo. (IST)

Musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan, prioritas pembangunan, arah kebijakan pembangunan dan program/kegiatan, pagu indikatif dan indikator, serta penyelarasan antara program/kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional.

Fachrori juga memberikan gambaran singkat kondisi makro pembangunan Provinsi Jambi sampai tahun 2018, yang tentunya menjadi salah satu pijakan kita besama dalam menyusun rencana pembangunan daerah selanjutnya. Laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi pada tahun 2018 menunjukkan perbaikan, yang diperlihatkan oleh pertumbuhan ekonomi 4,71 persen, tingkat pengangguran 3,86 persen, dan kemiskinan 7,85 persen.

Terkait dengan capaian tersebut, ia menyadari akan kondisi daerah yang memerlukan kreativitas dan kerja keras seluruh komponen pembangunan, untuk menyiasati tantangan dan hambatan yang muncul dan gangguan stagnasi ekonomi yang menerpa.

Baca: Kasus Narkoba Acai Bos Karaoke Hawai, Anggota Ditresnarkoba Polda Jambi Akui Temukan Sabu dan Bong

Baca: 10 Tahun Berkonflik, PT BBS Minta Waktu Tiga Bulan untuk Selesaikan Konflik Lahan di Muarojambi

Baca: Pura-pura Pinjam Buat Telpon, Reza Malah Jual HP Temannya untuk Beli Narkoba, Kini Dipenjara 2 Tahun

Baca: Dua Murid SMK di Sarolangun Tak Ikut UNBK Hari Terakhir, Salah Satunya Dikabarkan Lagi Menikah

"Tidak ada pilihan lain untuk kembali memulihkan ekonomi, kecuali dengan mengambil langkah-langkah strategis yang berani dan cerdas, sesuai dengan prioritas pembangunan Provinsi Jambi yang telah disepakati bersama," kata Gubernur.

Halaman
123
Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved