Sistem Penyaluran PKH Berubah, Setiap KK Dapat Menerima Bantuan Hingga Rp 10 Juta Pertahun

Sistem Penyaluran PKH Berubah, Setiap KK Dapat Menerima Bantuan Hingga Rp 10 Juta Pertahun

Sistem Penyaluran PKH Berubah, Setiap KK Dapat Menerima Bantuan Hingga Rp 10 Juta Pertahun
tribunjambi/abdullah usman
Koordintor PKH Kabupaten Tanjab Timur Zulkurnain 

Sistem Penyaluran PKH Berubah, Kini Setiap KK Dapat Menerima Bantuan Hingga Rp 10 Juta Pertahun

TRIBUNJAMBI.COM,MUARA SABAK - Dinas Sosial Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) terkait perubahan bantuan program keluarga harapan (PKH) tahun 2018 dan tahun 2019. Untuk tahun ini, satu kepala keluarga (KK) bisa menerima bantuan hingga Rp10 juta dalam setahun.

Program bantuan PKH oleh pemerintah pusat saat ini terus bergulir, namun pada tahun ini, terjadi perubahan dalam kategori penerima bantuan tersebut.

Baca: Penerima Bantuan PKH di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Berkurang, Ini Ketentuan yang Harus Diketahui

Baca: Jadwal Lengkap & Klasemen Liga Inggris Pekan 32, Liverpool vs Spurs, Fulham vs Manchester City

Baca: Cara Melihat Stalker di Instagram Tanpa Aplikasi, Ketahuan Deh Dikepoin Mantan dan Secret Admirer

Kasi Jaminan Sosial Keluarga dan Fakir Miskin Husaini melalui Koordinator Kabupaten Keluarga Harapan Dinas Sosial Tanjung Jabung Timur, Zulkurnain kepada Tribunjambi com mengatakan, untuk poin dan nilai bantuan PKH tahun ini mengalami perubahan nominal disesuaikan dengan komponen dalam setiap KK penerima.

"Dalam Satu KK maksimal ada empat orang yang ditanggung atau penerima bantuan PKH. Berbeda dengan tahun lalu dihitung secara global per KK atau tetap. Perbedaannya dengan Tahun 2018 lalu bantuannya global kalau sekarang per item,” paparnya.

Dana program keluarga harapan (PKH) Kabupaten Tebo
Dana program keluarga harapan (PKH) Kabupaten Tebo (tribunjambi/heri)

“Jadi, jika satu KK memiliki lebih dari satu item kategori penerima tadi mereka akan mendapat bantuan masing masing tidak lagi hitungan global KK. Namun tetap jika satu KK itu ada semua 8 item nya tentu yang dijamin beban tertinggi saja,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya pula, jika dalam satu keluarga memiliki 8 item tadi maka hanya diambil 4 orang item saja dengan kategori tanggungan terbesar.

Baca: Kisah Dibalik Lambang 12 Zodiak, Simbol Binatang, Putra Dewa hingga Wanita Perawan

Baca: Misteri Penculikan 13 Aktivis pada Peristiwa 1998 Hingga Rilis Dokumen Rahasia AS Tentang Dalangnya

Dengan demikian dalam setahun jika dalam satu keluarga ada Empat poin terbesar yang ditanggung tadi maka penerima bisa mendapat bantuan PKH hingga Rp 10 juta dari 4 tahapan pencairan bantuan.

"Jika seperti itu mereka harus rela untuk tanggungan terkecil harus mengalah (tidak dicairkan). Namun penerima PKH masih terbantu karena jumlah tadi diluar bantuan tetap per KPM sebesar Rp 550 ribu sekali dalam setahun disalurkan pada tahap pertama yang mengalami kenaikan dari tahun tahun sebelumnya Rp 500 ribu,” jelasnya.

Baca: Dikabarkan Meninggal, Omesh Ternyata Jalani Perawatan di Singapura, Alami Kerusakan Pita Suara

Baca: VIRAL Abah Nur Blak-blakan, Pengemis Tua Berangkat Naik Mobil, Gaji PNS Kalah Gede, 2 Digit

Baca: Dengan Cara Ini, Dokter Cantik Ini Bikin Banyak Orang Mau Disunat Lagi, Ini Foto-fotonya

Selain itu ada bantuan sarana penunjang usaha dari pemda melalui dinsos, berbentuk peralatan sesuai usaha yang ingin dikembangkan eks PKH tadi seperti etalase bagi yang membuka toko, manisan dan toko kecil dan bantuan jaring untuk nelayan.

"Dana bantuan nya juga terbatas untuk besaran Rp 1-2 jutaan per KK terutama bagi KK yang sudah siap mandiri atau sudah mampu,” jelasnya.(*)

 Sistem Penyaluran PKH Berubah, Kini Setiap KK Dapat Menerima Bantuan Hingga Rp 10 Juta Pertahun (Abdullah Usman/Tribun Jambi)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved