Gelar Rapat Sosialisasi, Dinas TPHP Bungo, Rencanakan Kartu Tani

Gelar Rapat Sosialisasi, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Bungo, Rencanakan Kartu Tani

Gelar Rapat Sosialisasi, Dinas TPHP Bungo, Rencanakan Kartu Tani
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi 

Gelar Rapat Sosialisasi, Dinas TPHP Bungo Rencanakan Kartu Tani

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Dinas Tanaman Pangan Hortukultura dan Perkebunan (TPHP) gelar Rapat Sosialisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi dan Updating E-RDKK.

Kegiatan itu berlangsung di Aula Pertemuan Dinas TPHP dan Perkebunan Kabupaten Bungo . Selasa (19/3/2019) dan diikuti sebanyak enam perwakilan kecamatan se-Kabupaten Bungo. Rapat itu dipimpin Kadis TPHP, Muhammad Hasbi.

Baca: Hasil Drawing Perempat Final Piala Presiden 2019 - 28 Maret 2019 Persija Jakarta vs Kalteng Putra

Baca: Sengketa Pemilu, Hari ini, Bawaslu Merangin akan Mediasi Fauzi Yusuf dengan KPU

Baca: Diduga Curi 2 Bungkus Rokok, Bocah 13 Tahun Tewas, Dikroyok Massa Sampai Disiram Air cabai!

Dalam sambutannya, dia mengatakan, perkembangan teknologi menuntut untuk menciptakan perubahan sistem berbasis daring (online). Sehingga, pihaknya berencana untuk menerapkan sistem tersebut.

"Seiring dengan kemajuan zaman serta meningkatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dimana, begitu pula halnya dalam menetapkan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) tani untuk pupuk bersubsidi," dia menyampaikan.

Dia mengatakan, jika tidak memasukkan inputan RDKK pada aplikasi, maka ke depan tidak mendapatkan alokasi pupuk untuk tahun berikutnya.

"Pada tahun 2020 nanti, penebusan pupuk bersubsidi sudah menggunakan kartu tani layaknya seperti menggunakan kartu ATM, yang mana dalam kartu tani tersebut terdapat kuota pupuk untuk kelompok tani pertahunnya berdasarkan inputan RDKK," dia melanjutkan.

Untuk itu, dia meminta pada verifikator di kecamatan, petugas entri, dan rekap RDKK tingkat kecamatan, untuk dapat mencermati dan memahami dalam penggunaannya.

Baca: Tagar PolisiDukungJokowi Trending Topik 20 Maret 2019, Ternyata Video Ini yang Jadi Penyebabnya

Baca: Promo Bukalapak! Hanya Rp 12 Ribu! Oppo F9 PRO 6-64, Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20

Baca: Seminggu Lagi! Siap-siap Ujian SMA/MA 2019, Berikut Jadwal UNBK dan UNKP , Catat Tanggal Penting Ini

Hasbi menambahkan, rapat sosialisasi itu juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman dalam penggunaan aplikasi demi mewujudkan penyaluran pupuk bersubsidi dan updating E-RDKK yang tepat sasaran

Untuk tahun 2019, lanjutnya, alokasi pupuk bersubsidi untuk kabupaten Bungo antara lain, Urea sebanyak 1.933,60 Ton, SP 36 sebanyak 1.937 ton, ZA sebanyak 1.180 ton, NPK sebanyak 5.225,90 ton, dan organik sebanyak 730 ton. Alokasi tersebut tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Bungo untuk sektor pertanian (tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan)," tutupnya

Gelar Rapat Sosialisasi, Dinas TPHP Bungo Rencanakan Kartu Tani (Mareza Sutan AJ/Tribun Jambi)

Penulis: Mareza
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved