Youth Town Hall - XL Future Leaders 2019, Dorong Mahasiswa Aceh Bersiap Masuki Revolusi Industri 4.0

Pemerintah meyakini kontribusi ekonomi digital pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) akan terus meningkat.

Youth Town Hall - XL Future Leaders 2019, Dorong Mahasiswa Aceh Bersiap Masuki Revolusi Industri 4.0
IST
PT XL Axiata TBK (XL Axiata) melalui program XL Future Leaders menggelar acara “Youth Town Hall 2019” di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Senin (18/3). 

TRIBUNJAMBI.COM, BANDA ACEH- Perkembangan ekonomi digital mengalami kenaikan yang signifikan. Pemerintah meyakini kontribusi ekonomi digital pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) akan terus meningkat.

Awal Desember 2018 lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kontribusi ekonomi digital pada PDB cukup signifikan, yaitu sekitar 8,5 persen. Saat ini, keseharian sebagian masyarakat Indonesia hingga pelosok daerah tidak bisa dilepaskan dari pemanfaatan sarana digital, seiring dengan semakin meluasnya digitalisasi di berbagai industri dan aktivitas perekonomian.

Guna lebih mengenalkan dinamika ekonomi digital di Indonesia serta korelasi dengan peluang karir di masa depan bagi anak-anak muda Indonesia, PT XL Axiata TBK (XL Axiata) melalui program XL Future Leaders menggelar acara “Youth Town Hall 2019” di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Senin (18/3).

Baca: Kasus Narkotika Sipir Lapas Klas II A Jambi Dilimpah ke Jaksa, Terancam Pidana Pencucian Uang

Baca: Pemerintah Telah Terbitkan Beleid Kenaikkan Gaji dan Pensiun PNS, Polri, dan TNI. Simak Rinciannya

Baca: Investigasi Bank Mandiri Temukan Selisih Kas Rp 940 Juta dan Kredit Fiktif di KCP Sumber Agung Tebo

Baca: Rekap Pindah Pilih di KPU Kota Jambi Baru Sampai Tingkat Kelurahan

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, “Sesuai program XL Future Leaders, kami perlu mengenalkan lebih jauh mengenai perkembangan ekonomi digital di Indonesia dan berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama para mahasiswa yang akan segera memasuki dunia kerja dan mengembangkan potensi dirinya.

Melalui acara ini kami sekaligus mendorong mahasiswa Aceh untuk tidak ragu berkarya dan memajukan industri digital nasional. Dengan demikian, mereka pun akan memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi digital nasional yang menjadi tumpuan ekonomi Indonesia di masa depan.”

Youth Town Hall ini antara lain bertujuan menyiapkan anak-anak muda Indonesia, sekaligus meningkatkan potensi mereka sehingga bisa menjadi sumber daya manusia yang unggul di era Revolusi Industri 4.0. Dengan demikian, mahasiswa akan bisa menyiapkan dirinya menghadapi tantangan yang ada di era digital, baik untuk berkarir sebagai tenaga profesional maupun mengambil langkah sebagai pelaku bisnis.

Dalam acara yang dirancang interaktif ini, mahasiswa bisa bertanya dan berdiskusi dengan para pembicara yang telah memiliki pengalaman cukup banyak di industri berbasis teknologi digital.

Tampil sebagai pembicara utama di acara bertema “IoT as Now Solution to Make Life Easier” ini Head of IoT Innovation XL Axiata, Boy Wicaksono, akan berbicara mengenai revolusi industri 4.0 serta mengenalkan apa itu Internet of Thing (IoT), juga contoh penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, juga akan dipaparkan mengenai laboratorium IoT milik XL Axiata yang bernama “XCamp”, laboratorium IoT pertama di Indonesia, dan program-program untuk memfasilitasi anak-anak muda dalam mengembangkan IoT. Satu lagi pembicara adalah Radhi Hersemiaji Kartowisastro, seorang anak muda yang saat ini sedang merintis bisnis IoT sekaligus CEO & Co-Founder Sensativ, salah satu perusahaan penyedia solusi IoT di Indonesia.

Baca: Pemuda Buat Laporan Palsu Motornya Dirampok, Polsek Kota Sarolangun yang Tertipu Sempat Olah TKP

Baca: Saham DLTA Pemprov DKI Dikabarkan akan Dibeli San Miguel, Analis Memberikan Rekomendasi Ini

Baca: Tak Punya Anggaran, Tahun 2019 Pemerintah Provinsi Jambi Tak Akan Buka Penerimaan CPNS dan PPPK

Baca: Mitos Ikan Tapah Raksasa di Batanghari, Penjaga Sungai Batanghari Hingga Pertanda Terjadi Bencana

Tri Wahyuningsih menambahkan, melalui workshop tersebut para peserta akan memiliki pengetahuan yang lebih dalam mengenai revolusi industri 4.0 dan IoT sehingga membuka wawasan mereka terhadap masalah teknologi di masa depan. Harapannya, wawasan baru itu akan mendorong mereka untuk berkarya di bidang teknologi IoT yang belum banyak dieksplorasi dan bisa memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

Halaman
12
Editor: Teguh Suprayitno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved