Info Terkini Pemkot Jambi

Syarif Fasha Tanda Tangan MoU Penyediaan Penambahan Jaringan Gas Masyarakat, Usaha Berbuah Manis

Kesungguhan Pemerintah Kota Jambi untuk menambah kuota jaringan gas perkotaan (city gas) bagi masyarakat, kini berbuah manis.

Syarif Fasha Tanda Tangan MoU Penyediaan Penambahan Jaringan Gas Masyarakat, Usaha Berbuah Manis
IST
Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, melakukan penandatanganan secara resmi Nota Kesepahaman Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jaringan Distribusi Gas Bumi Untuk Rumah Tangga tahun 2019. Acara di Grand Sahid Jaya Jakarta (13/3) 

Juga Usulkan Peningkatan Status Bandara Internasional

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Kesungguhan Pemerintah Kota Jambi untuk menambah kuota jaringan gas perkotaan (city gas) bagi masyarakat, kini berbuah manis.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, menambahkan kuota sebanyak 2.000 sambungan baru bagi jaringan gas perkotaan di Kota Jambi.

Bertempat di Grand Sahid Jaya Jakarta (13/03), Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, melakukan penandatanganan secara resmi Nota Kesepahaman Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jaringan Distribusi Gas Bumi Untuk Rumah Tangga tahun 2019.

Kuota tersebut, hanya di berikan kepada 18 pemerintah kabupaten/kota di Indonesia, termasuk Kota Jambi. Acara tersebut di hadiri langsung oleh Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM RI, Joko siswanto, Sekjen Kementerian ESDM, Ego Sahriyal dan unsur pejabat di Kementerian ESDM. Sementara itu, turut mendampingi Wali Kota Jambi Asisten II Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kadis PUPR Kota Jambi H. Fatri Suandri, dan Kabag Perekonomian Setda Kota Jambi Evridal Asri.

MoU ini merupakan persembahan bagi masyarakat Kota Jambi, setelah sebelumnya Pemkot Jambi berupaya keras meraih kepercayaan pemerintah pusat. Untuk menunjukkan komitmen tersebut, beberapa waktu lalu Wali Kota Jambi mengutus Wawako Maulana untuk bertemu langsung dengan pihak Kementerian ESDM, terkait komitmen Pemkot Jambi dalam membantu masyarakat berpenghasilan rendah, memperoleh energi yang murah dan terjangkau.

Menurut Wali Kota Fasha, jaringan gas (Jargas) yang ada di Kota Jambi, sebelumnya telah terpasang sebanyak 4000 sambungan, kemudian pada perkembangan selanjutnya sebanyak 2500 sambungan dan tahun ini ada tambahan lagi sebanyak 2000 sambungan bagi rumah tangga.

"Jargas ini sangat membantu sekali bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah karena, dapat meminimalisir ketergantungan dengan gas 3 kilo, yang memang kita ketahui seringkali bermasalah, terjadi kelangkaan di lapangan, kadang ada, kadang tidak. Lebih banyak antriannya dan menyusahkan masyarakat. Maka, Alhamdulilah kita mendapat lagi bantuan sebanyak 2000 sambungan. Insya Allah di tahun 2020 nanti, direncanakan akan ada 10.000 sambungan lagi untuk Kota Jambi. Mudah-mudahan ini terwujud dan membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk bisa mendapatkan gas dengan mudah dan semurahnya," jelas Fasha.

Sebagaimana diketahui, masyarakat disebagian wilayah Kota Jambi, telah merasakan manfaat dari layanan city gas. Sebanyak 4 ribu rumah tangga di wilayah Kecamatan Jelutung, Jambi Selatan, Paalmerah dan Jambi Timur telah tersambung jaringan city gas. Dengan usulan penambahan baru sebanyak 10 ribu sambungan tersebut, Pemerintah Kota Jambi menargetkan pada tahun 2019 dan 2020 akan dapat terealisasi di 6 kecamatan lainnya.

Sementara itu dihari yang sama, Wali Kota Fasha sebelumnya menyambangi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI untuk bertemu langsung dengan Dirjen Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti.

Halaman
12
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved