Kabar Gembira, Rp 7,4 Miliar Dana Kelurahan Siap Disalurkan ke Tanjab Barat

Dana kelurahan sebesar Rp 7,4 miliar untuk 20 kelurahan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat siap disalurkan.

Kabar Gembira, Rp 7,4 Miliar Dana Kelurahan Siap Disalurkan ke Tanjab Barat
Tribunjambi/Darwin
Kepala BPKAD Tanjab Barat, Rajiun Sitohang. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Darwin Sijabat

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Dana kelurahan sebesar Rp 7,4 miliar untuk 20 kelurahan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat siap disalurkan.

Berdasarkan informasi dari pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga mendapatkan kucuran dana kelurahan pada tahun 2019 dengan total sekitar Rp 7,4 miliar.

Berdasarkan Permenkeu no 187 tahun 2018 alokasi umum tambahan tentang cara penyaluran dana kelurahan, untuk di Kabupaten Tanjabbarat ada 20 kelurahan yang akan menerima dana kelurahan.

Kepala BPKAD Tanjab Barat, Rajiun Sitohang mengatakan saat ini pemerintah daerah tengah mempersipakan proses penyalurannya. Diantaranya mulai dari payung hukum hingga teknis penyaluran dengan total anggaran untuk mencapai Rp 7,4 miliar.

Baca: ASN Tanjab Timur Dilarang Pakai Tabung Gas Subsidi, Disperindag Lakukan Promo Tukar Gas 3Kg Gratis

Baca: 26.000 Warga Tanjab Timur Hidup Miskin Tinggal di Tiga Kecamatan Ini

Baca: Ester Nazara, Ibu Tiga Anak Pembunuh Suami Sendiri Pakai Balok, Menangis Dengar Vonis Hakim

Baca: 26.000 Lebih Penduduk di Tanjab Timur Miskin, Bappeda Klaim Trend Turun

Rajiun sebut nantinya setiap kelurahan di Kabupaten Tanjab Barat pada tahun ini akan menerima Dana Kelurahan dengan besaran anggaran Rp 370 juta per kelurahan.

"Dana APBN untuk Dana Kelurahan dialokasikan Rp 7,4 miliar untuk 20 kelurahan yang ada di Kabupaten Tanjab Barat. Per kelurahan Rp 370 juta," katanya.

Ia menjelaskan peruntukan Dana Kelurahan sama dengan penggunaan Dana Desa, yakni 70 persen untuk kegiatan infrastruktur dan 30 persen pemberdayaan.

Terpisah Kabag pemerintahan dan otonomi daerah, Dianda Putra mengatakan adanya Dana Kelurahan sangat berarti bagi Pemkab Tanjab Barat. Sebab adanya Dana Kelurahan akan percepatan pembangunan setiap kelurahan.

"Penyaluran Dana Kelurahan ini dalam waktu dekat akan segera teralisasi, Pemkab Tanjab Barat sangat mendukung adanya dana kelurahan, sebab banyak kegunaannya dalam mengelola pemerintahan tingkat kelurahan," ujarnya.

Karena Dana Kelurahan sangat penting untuk pembangunan setiap kelurahan karena kelurahan merupakan wilayah yang sangat dekat dengan warga. Sehingga para lurah yang paling mengetahui keluhan dan apa yang diinginkan oleh masyarakat.

"Kelurahan merupakan tempat wadah terdekat dengan masyarakat, para lurah yang paling mengetahui keluhan dan apa yang diinginkan oleh masyarakat," tutupnya.

Baca: VIDEO: KPU Kota Jambi Lakukan Sortir dan Pelipatan Surat Suara, 300 Orang Dikerahkan

Baca: Cuitan Mahfud MD Di Twitter menjawab Pertanyaan Tentang Prediksi Siapa Pemenang Pilpres 2019.

Baca: Dituntut Dua Tahun Gara-gara Bawa Pisau, Ismail Ceritakan Kesedihan Keluarganya

Baca: Cekcok Soal Parkir Motor, Yansen Kwok Tewas Ditusuk Pisau

Penulis: Darwin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved