VIDEO: Bangunan Eks Arena MTQ Provinsi Jambi Tak Seindah Dulu, Ini Penampakannya

Arena MTQ Provinsi Jambi sempat menjadi primadona masyarakat Jambi sekitar tahun 1997 saat Provinsi Jambi menjadi tuan rumah MTQ Nasional.

Laporan Wartawan tribun Jambi, Hanif Burhani

TRIBUNJAMBI.COM - Arena MTQ Provinsi Jambi sempat menjadi primadona masyarakat Jambi sekitar tahun 1997 saat Provinsi Jambi menjadi tuan rumah MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) Nasional. Di kawasan itu terdapat 7 anjungan rumah adat dari tiap kabupaten.

Namun kini kondisinya banyak yang rusak dan tak terawat, taman-taman di kawasan anjungan itu dipenuhi dengan rumput liar akibat tidak tersentuh penyiangan dan pembersihan.

Sementara itu sejumlah kondisi bangunan rumah tradisional itu sudah mulai rusak, bahkan beberapa bagian tangga dari rumah di sana sudah ada yang lapuk. Bahkan salah satu tangga naik di rumah tradisional anjungan Kabupaten Batanghari dipalang papan sekenanya agar tidak dinaiki oleh pengunjung. Akibat palang liar tersebut, estetika rumah tradisional tersebut menjadi berkurang.

"Sayang sekali, padahal bila dikelola oleh profesional melalui kerja sama operasional mungkin potensinya bisa tergali," kata Didi yang rutin melakukan olahraga lari di lintasan Arena MTQ Jambi tersebut.

Baca: MANUSIA Terkaya Ini Ajak 60 Ribu Pegawai Naik Haji ke Mekah: Kekayaan Rp 5.700 Triliun

Baca: Segera Ditransfer ke Rekening Atlet Peraih Medali, Pemkab Muarojambi Siapkan Rp1,7 Miliar

Baca: Aa Gym dan UAS Dilobi Romi Agar Netral, Ada Perubahan Sikap? Aa Gym: Bohong! Ini Kata UAS

Baca: Kepala BPN Muarojambi Tolak Diganti, Ini Alasannya Menolak Dimutasi ke Riau

Beberapa halaman rumah adat itu digunakan oleh sejumlah warga ajang bermain anak-anak berupa persewaan motor mini, mobil listrik dan lainnya.

Lokasi anjungan rumah adat di Arena MTQ Jambi tersebut sangat strategis berada di depan Bandara Sultan Thaha Jambi, dan bersebelahan dengan Taman Rimbo atau kebun binatang Jambi. Sehingga kawasan itu sementara ini memiliki potensi wisata dan pendidikan.

Penulis: haniftribun
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved