Tak Repot, Ini Syarat Mudah untuk Ambil KPR Rumah

Bagi yang baru pertama kali ingin membeli rumah dengan KPR, tak perlu khawatir karena syarat yang harus dilengkapi cukup mudah.

Tak Repot, Ini Syarat Mudah untuk Ambil KPR Rumah
Tribunjambi/Nurlailis
Tribun Property Expo 2019 bersama DPD REI Jambi di mal Jamtos. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM - Bagi yang baru pertama kali ingin membeli rumah dengan KPR, tak perlu khawatir karena syarat yang harus dilengkapi cukup mudah. 

Berikut persyaratannya yang wajib dilengkapi saat ingin membeli rumah.

Dikatakan Yeyen, Marketing PT Zafa Aura Persada Real Estate, pemohon wajib melengkapi fotocopy KTP, bagi yang sudah menikah wajib ada fotocopy KTP suami istri. Pemohon juga menyerahkan fotokopi kartu keluarga (KK), fotokopi surat nikah atau catatan sipil bagi yang sudah menikah.

"Selain itu pemohon juga harus melengkapi persyaratan dengan pas foto warna, baik suami atau istri dengan ukuran foto 3x4. Untuk pegawai swasta akan dimintai surat keterangan kerja. Lengkapi juga dengan legalisir SK awal dan terakhir. Lalu slip gaji tiga bulan terakhir yang telah dilegalisir," jelasnya.

Baca: Perumahan De Permata Berikan Cashback Drai Rp 5 juta Hingga Rp 10 Juta

Baca: Begini Modus dan Cara Kerja Komplotan Pembobol Rumah Saat Beraksi di Kota Jambi

Baca: Masih Ada Kesempatan Jadi Pegawai PKH Kemensos, Daftar di ssdm.pkh.kemsos.go.id, Sertakan Berkas Ini

Baca: Komentar Millennials Jambi, Captain Marvel Punya Credit Title yang Greget

Untuk PNS, TNI/POLRI harus ada fotocopy Karpeg atau KTA. Kita juga akan diminta untuk menyerahkan fotocopy NPWP dan SPT tahunan. Lalu rekening koran tiga bulan terakhir.

Amoy, dari PT Hamenda Citra Seraya menambahkan, persyaratan lainnya yakni memiliki surat keterangan belum memiliki rumah dari Kelurahan. Kadang juga ada pengembangan yang meminta surat keterangan belum menikah.

"Selain itu, calon pembeli juga harus memiliki SITU dan SIUP, surat keterangan usaha dari Kelurahan jika memiliki usaha. Terakhir pembeli dapat mengisi formulir permohonan KPR FLPP," pungkasnya.

Ini persyaratan pada umumnya jika ingin membeli rumah. Pembeli wajib melengkapi persyaratan karena dapat membantu pengembang untuk mempercepat proses KPR di perbankan.

"Nantinya, setelah persyaratan lengkap, pengembang membantu untuk mengurus KPR di bank," pungkasnya.

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved