Awal Tahun, Ekspor Migas dan Batubara Jambi Turun

Dadang mengatakan, ekspor di Jambi sangat dipengaruhi oleh Migas dan pertambangan. Sebab, kedua komoditi ini yang paling banyak di ekspor.

Awal Tahun, Ekspor Migas dan Batubara Jambi Turun
tribunjambi/wahyu herliyanto
Ilustrasi. Ekspor kepiting Jambi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada bulan Januari 2019 turun 39,62 persen dibanding  bulan Desember 2018, yaitu dari US$ 391,06 juta menjadi US$ 236,14 juta.

Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mengatakan, selain penurunan nilai ekspor komoditi pinang, komoditi kopi, teh dan rempah, komoditi karet dan olahannya, serta komoditi kayu lapis dan olahan lainnya, penyebab turunnya nilai ekspor Provinsi Jambi karena penurunan nilai ekspor komoditi migas dan batubara yang cukup tinggi.

Baca: Nilai Ekspor Jambi Naik di Akhir Tahun 2018, Tapi Nilai Impor Malah Turun, Ini Sebabnya

Baca: Pertemuan dengan SKK Migas dan BPK RI, Soal CSR, Pemkab Tanjabtim Minta Bantu Infrastruktur

Baca: Harta Karun Emas Soekarno di Sungai Batanghari, Ternyata Ini Asal Emas yang Terlarut di Aliran Air

"Kondisi ekspor Jambi di Bulan Januari mengalami penurunan, karena pengaruh kegiatan-kegiatan di Bulan Januari yang tidak begitu banyak. Dan, beberapa komoditi ekspor belum banyak produksinya," paparnya, Senin (4/3/2019).

Dadang mengatakan, ekspor di Jambi sangat dipengaruhi oleh Migas dan pertambangan. Sebab, kedua komoditi ini yang paling banyak di ekspor.

"Komoditi Pertanian tidak begitu besar, sedangkan unggulan ekspor kita yakni pertambangan, migas, dan yang berkaitan dengan industri pengolahan, jadi memang ekspor sangat dipengaruhi tatkala  pertambangan produksinya banyak di ekspor," jelas Dadang.

Kayu Olahan Jambi diekspor sampai ke Eropa
Kayu Olahan Jambi diekspor sampai ke Eropa (TRIBUNJAMBI/WAHYU HERLIYANTO)

Sementara itu, nilai ekspor pada bulan Januari 2019 yaitu sebesar US$ 236,14 juta. Ekspor Jambi pada bulan Januari 2019 lebih tinggi dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2018, yaitu naik sebesar 6,98 persen.

Kontribusi terbesar terhadap total ekspor di Jambi adalah ekspor kelompok Pertambangan yaitu sebesar 62,35 persen, diikuti Kelompok Industri sebesar 31,49 persen, dan Kelompok Pertanian sebesar 6,15 persen. Bila dirinci menurut komoditi, Kelompok Industri didominasi oleh karet dan olahannya yang memberikan kontribusi mencapai 14,70 persen.

Baca: Live Streaming Arema FC vs Barito Putera, Kick Off 18.30 WIB hingga Prediksi Sususnan Pemain

Baca: Kasus Pembunuhan Siswi SMK Masih Misteri, FBI Turun Tangan, Rekaman CCTV Dibawa ke Amerika

Baca: Ikuti Bakat Sang Ayah, Inilah Sosok Allea Anata Irham, Putri Semata Wayang Ariel NOAH

Penyumbang kontribusi terbesar dari Kelompok Pertambangan yaitu migas yang mencapai 60,65 persen. Sedangkan dari Kelompok Pertanian, komoditi pinang memiliki sumbangan 4,89 persen. Dibulan Januari 2019 nilai ekspor Pertanian sebesar US$ 14,53 juta, atau turun sebesar 8,46 persen dibanding bulan Desember 2018.

Sedangkan kelompok Industri naik sebesar 3,81 persen, dari US$ 71,64 juta pada Desember 2018, menjadi US$ 74,37 juta pada Januari 2019. Kenaikan terjadi pada komoditi minyak nabati, komoditi arang, serta komoditi pulp dan kertas. Tetapi ekspor Kelompok Industri pada Januari 2019, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, komoditi ini mengalami penurunan sebesar 12,50 persen.

Dadang Hardiwan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi.
Dadang Hardiwan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi. (TRIBUN JAMBI/FITRI AMALIA)

Baca: Chelsea Islan Putus Cinta dari Daffa Wardhana, Fotonya Dihapus Semua dari IG Anak Marini Zumarni

Baca: Hotman Paris Bongkar Isi WhatsApp (WA) Lucinta Luna Pernah Dipakai Pesepakbola, Aktor & Penyanyi

Baca: Luna Maya Dapat Restu Menikah dari Ibu Faisal Nasimuddin, Ini Alasan Berangkat ke Tanah Suci?

Berbeda dengan dua komoditi sebelumnya, nilai ekspor Kelompok Pertambangan Bulan Januari 2019 adalah US$ 147,24 juta yang didominasi ekspor migas sebesar US$ 143,22 juta. Pada bulan ini tercatat ekspor Batubara sebesar US$ 4,02 juta.

"Nilai ekspor Kelompok Pertambangan pada bulan Januari 2019 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya naik sebesar 21,97 persen, hal ini dipengaruhi naiknya ekspor pertambangan dalam bentuk migas," pungkasnya. (*).

Penulis: fitri
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved