VIDEO: Pemusnahan Ribuan Produk Makanan, obat, dan Kosmetik Ilegal Senilai Rp1,1 Miliar

Pemusnahan produk-produk ilegal ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT Badan POM ke 18 Tahun 2019.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sebanyak 2.130 item atau 353.392 pics produk obat, obat tradisional, kosmetik, dan pangan, dengan nilai ekonomis produk mencapai Rp659,4 juta, di musnahkan Balai BOM Jambi, Kamis (7/2/2019).

Pemusnahan produk-produk ilegal ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT Badan POM ke 18 Tahun 2019.

Ribuan Item produk obatan, kosmetek dan pangan tersebut merupakan sebagian hasil temuan produk ilegal hasil pengawasan balai Pom Jambi tahun 2017-2018 yang telah memiliki ketetapan hukum, yang totalnya mencapai 3.087 item dengan nilai ekonomis mencapai Rp1,1 miliar.

Baca: Temukan 11 Pelanggaran Berbahaya, BPOM Imbau Warga Ikut Aktif Awasi Obat dan Makanan

Baca: Sesalkan Kualitas Pekerjaan, Anggota Komisi III DPRD Tanjab Barar, Desak BPK Periksa Jalan Patunas

Baca: Istri Meninggal, Ustad Maulana Masih Sulit Jelaskan ke Anak

Secara rinci, produk ilegal dan tidak memenuhi ketentuan yang dimusnahkan terdiri dari 1.42 item atau 216.800 pieces obat di sarana ilegal, 874 item atau 30.577 pcs kosmetik ilegal, 90 item atau 8.617 pcs obat tradisional ilegal atau mengadung bahan kimia, serta 24 item atau 97 .388 pcs pangan ilegal, kadarluarsa dan atau tidak memenuhi kesehatan masyarakat.

Kepala BPOM Jambi Antoni Asdi, saat diwawancarai mengatakan, masih ada sebanyak 957 item dengan nilai ekonomis mencapai Rp 455.6 juta yang berang bukti produk makanan, obat dan kosmetik yang masih dalam proses hukum.

Baca: Di Kota Ini, Warganya Dilarang Sakit dan Meninggal

Baca: Mau Urus Sertifikat Tanah Tanpa Dipungut Biaya? Ini Cara dan Syaratnya

Baca: Atta Halilintar Memulai Perjalanan dari Berjualan di Pasar Hingga Jadi Miliader

"Produk-produk temuan hasil pengawasan ini, akan kita musnahkan dengan cara membuang TPA jika itu produk makanan yang tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan lingkungan. Sementara itu produk-produk yang mengadung bahan kimia akan dimusnagkan dengan belerja sama pihak ketiga, yang akan dikirim ke Jawa untuk dimusnahkan," kata Antoni Asdi.

Pemusnahan secara simbolis dilakukan Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar, bersama Deputi I BPOM Pusat Rita Endang, Kepala BPOM Jambi, pihak kejaksaan dan Polda Jambi. (*)

Penulis: haniftribun
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved